Nasihat Penting Orang Terkaya Dunia untuk Pengusaha Pemula

Nasihat Penting Orang Terkaya Dunia untuk Pengusaha Pemula
UANG | 28 Januari 2020 08:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Orang terkaya di dunia Jeff Bezos memberi pesan penting bagi pengusaha pemula. Pesannya, bersiaplah untuk mengambil risiko besar dan gagal saat memulai bisnis.

"Ambil risiko. Anda harus mau mengambil risiko. Jika memiliki ide bisnis tanpa risiko, itu mungkin sudah dilakukan, Anda harus memiliki sesuatu yang mungkin tidak berhasil. Dalam banyak hal, ini akan menjadi eksperimen," ujar Bezos seperti melansir laman Enterpreneur.com, Senin (27/1).

Menurutnya, banyak uji coba di awal bisnis yang gagal. Namun kegagalan besar dikatakan adalah bagian penting dari perjalanan menuju kesuksesan.

"Kami mengambil risiko setiap saat, kami berbicara tentang kegagalan, Kita perlu kegagalan besar untuk menggerakkan jarum. Jika tidak, kita tidak cukup berayun. Kamu benar-benar harus berayun keras, dan kamu akan gagal, tapi tidak apa-apa," ujar dia.

1 dari 1 halaman

Cerita Bangun Amazon

amazon rev1

Dia bercerita mendirikan Amazon pada tahun 1995 dengan hanya 10 karyawan. Namun kini, dia mampu mengubahnya menjadi salah satu perusahaan publik paling berharga di dunia.

Kini Amazon memiliki nilai kapitalisasi pasar hampir USD 860 miliar atau Rp11,7 kuadriliun ( USD 1= Rp13.608).

Pesan dia lainnya, bahwa selain berani mengambil risiko dan gagal, pengusaha juga harus bersemangat. Karena, dalam mendirikan bisnis tentunya akan mengalami persaingan. "Kamu akan bersaing dengan mereka yang bersemangat," tambah dia.

Di atas semua itu, pengusaha harus terobsesi dengan pelanggan. Maksud Bezos, hal yang paling penting adalah memuaskan pelanggan dengan menyenangkannya.

Jeff Bezos memiliki kekayaan hingga USD118 miliar atau sekitar Rp1.619 triliun. Bezos adalah pendiri perusahaan pengecer online terbesar di dunia, Amazon. Perusahaan yang berbasis di Seattle ini menjual buku, barang-barang rumah tangga, dan produk lainnya melalui situs web andalannya.

Reporter: Tira

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Sulit Membuat Keputusan, Coba Ritual Pendiri Startup USD 2 Miliar Ini
Formula Sederhana Bisa Nabung Banyak dan Sedikit Pengeluaran
Jurus Jitu Bikin Hobi Jadi Ladang Bisnis
Pelajaran Penting dari Warren Buffett Jika Anda Ingin Hidup Kaya Raya
Kisah Sukses Kapten Kapal Berusia 25 Tahun Bangun Start Up Bernilai Rp6,9 Triliun
Rahasia Agar Kekayaan Anda Bisa Tahan Hingga ke Anak Cucu

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami