Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah Jelang Pengumuman PSBB Transisi DKI Jakarta

Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah Jelang Pengumuman PSBB Transisi DKI Jakarta
UANG | 30 Juli 2020 16:36 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup melemah 57 poin dilevel Rp14.600 per USD dari penutupan sebelumnya. Pelemahan tersebut salah satunya dipengaruhi oleh penantian pasar jelang pengumuman Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi DKI Jakarta.

"Pasar saat ini sedang menantikan pengumuman dari Gubernur DKI Jakarta, Anis Baswedan mengenai Masa PSPB Transisi yang akan berakhir di tanggal 31 Juli 2020," ujar Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim melalui riset harian, Jakarta, Kamis (30/7).

Namun kalau melihat perkembangan sampai saat ini, masyarakat yang terkena pandemi virus corona di DKI Jakarta terus mengalami lonjakan. Maka Pemprov DKI Jakarta kemungkinan akan kembali menerapkan masa transisi kembali yang akan diberlakukan untuk 2 minggu ke depan.

"Penerapan ini akan berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta yang merupakan barometer ekonomi Indonesia sehingga sangat wajar kalau arus modal asing kembali keluar pasar walaupun di hari-hari sebelumnya mata uang Rupiah begitu digdaya terhadap mata uang lainnya," paparnya.

Baca Selanjutnya: Kondisi Eksternal...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami