Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat ke Level Rp14.740 per USD

Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat ke Level Rp14.740 per USD
UANG | 7 September 2020 15:53 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup menguat 10 poin ke level Rp14.740 per USD pada perdagangan hari ini, Senin (7/9). Dalam perdagangan besok kemungkinan mata Uang Garuda masih akan kembali menguat di level sempit antara 10 sampai 25 poin di level Rp14.710 hingga Rp14.800 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, fokus utama pemerintah saat ini adalah menangani masalah kesehatan masyarakat akibat pandemi virus corona yang terus mengkhawatirkan. Walaupun protokol kesehatan sudah dijalankan penambahan secara masif terus meningkat sehingga perlu penanganan secara khusus.

"Apa yang dilakukan oleh pemerintah untuk fokus dikesehatan masyarakat karena Pemerintah sudah mengetahui bahwa kemungkinan PDB Kuartal Ketiga akan terjadi kontraksi sehingga sangat mungkin Indonesia mengikuti jejak 47 negara lainnya yang sudah lebih awal terkena dampak resesi," ujarnya melalui riset harian, Jakarta.

"Kenapa dikaitkan resesi? karena di kuartal sebelumnya yaitu kuartal kedua, PDB Indonesia mengalami kontraksi 5,32 persen YoY, artinya jika di kuartal ini kembali minus Indonesia sah memasuki jurang resesi untuk pertama kalinya sejak krisis moneter 1998," sambungnya.

Di samping itu, risiko resesi kian nyata setelah pemerintah DKI Jakarta terus memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga saat ini. Bahkan ada rumor PSBB Transisi kemungkinan akan di perpanjang sampai akhir 2020 yang mengakibatkan pertumbuhan ekonomi di DKI Jakarta khususnya dan Indonesia umumnya akan terjadi stagnasi.

Baca Selanjutnya: Konsumsi Masyarakat Turun...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami