Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat Ke Level Rp14.750 per USD

Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat Ke Level Rp14.750 per USD
UANG | 4 September 2020 16:21 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat atau USD ditutup menguat 27 poin ke level Rp14.750 per USD dari penutupan sebelumnya. Dalam perdagangan minggu depan, diperkirakan Rupiah akan menguat di level Rp14.720 hingga Rp14.800 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, meski nilai tukar menguat, strategi bauran yang sudah dijalankan Pemerintah dan Bank Indonesia tengah mendapat ujian. Strategi tersebut berubah menjadi tumpul sehingga perlu ada kajian terbaru yang bisa mengangkat perekonomian kembali pulih.

"Mungkin dengan melakukan reformasi total namun masih mengikuti kaidah yang sesuai dengan regulasi yang sudah ada," ujar Ibrahim melalui riset harian, Jakarta, Jumat (4/9).

Oleh karena itu, Pemerintah diminta mempersiapkan regulasi apabila Indonesia benar-benar mengalami resesi, walaupun data PDB Kuartal-III belum dirilis. Kondisi yang tak menentu ini mengakibatkan Pemerintah kembali mewacanakan amandemen Undang-undang (UU) BI.

"Salah satu opsi yang ada adalah kembalinya Dewan Moneter seperti masa Orde Baru. Dewan Moneter memimpin, mengoordinasikan dan mengarahkan kebijakan moneter sejalan dengan kebijakan umum Pemerintah di bidang perekonomian," jelasnya.

Nantinya, Dewan Moneter terdiri Menteri Keuangan sebagai ketua, satu orang menteri di bidang perekonomian, Gubernur BI dan Deputi Senior BI, serta Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jika dipandang perlu, maka pemerintah dapat menambah beberapa orang menteri sebagai anggota penasihat Dewan Moneter. (mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami