Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat Tipis ke Level Rp14.425 per USD

Nilai Tukar Rupiah Ditutup Menguat Tipis ke Level Rp14.425 per USD
UANG | 13 Juli 2020 16:48 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) ditutup menguat tipis pada perdagangan Senin (13/7). Rupiah tercatat parkir pada level Rp14.425 dari penutupan sebelumnya di level Rp14.435 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan, pelaku pasar merespons negatif terhadap kasus pandemi Virus Corona di Indonesia dalam minggu ini yang mencetak rekor tertinggi bahkan akan bersaing dengan China. Untuk itu, pemerintah perlu mewaspadai hal tersebut.

"Apabila situasi tidak segera kondusif, maka masalah pandemi virus corona ini akan menjalar ke sektor lainnya yaitu sektor ekonomi dan keuangan," ujar Ibrahim dalam riset harian, Jakarta.

DKI Jakarta khususnya, memiliki jumlah pasien positif Corona per 12 Juli sebanyak 14.517 orang. Bertambah 404 orang (2,86 persen) dibandingkan hari sebelumnya. Tambahan 404 orang pasien baru di Ibu Kota adalah rekor tertinggi, sementara laju 2,86 persen menjadi yang tercepat sejak 13 Mei.

"Kalau kondisi ini berlangsung terus, bukan tidak mungkin Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali ke situasi sebelum ini yaitu pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)," paparnya.

Di sisi lain, Pemerintah optimis obat penawar akan ditemukan dan terus mencari terobosan dengan melakukan penelitian, yang sampai saat ini terus di lakukan uji coba baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

"Ini cara satu-satunya yang bisa menangkal menyebarnya wabah pandemi virus corona, di samping jaga jarak dan masyarakat terus menggunakan masker pada saat beraktivitas di luar rumah," kata Ibrahim.

1 dari 1 halaman

Faktor Pemicu Lain

lain rev1

Faktor lain pemicu penguatan Rupiah adalah Bank Indonesia hari ini melakukan intervensi di pasar Valas, Obligasi dan SUN yang diperdagangan DNDF. Hal ini juga membendung sentimen negatif dari merebaknya pandemi Virus Corona di dalam negeri yang terus dijadikan topik utama dalam minggu ini.

"Intervensi tersebut bisa menahan keluarnya arus modal asing dari pasar keuangan dalam negeri dan sudah tentu pelemahan mata uang Rupiah tertahan dan tak terduga Rupiah kembali memasuki zona aman dengan menguat tipis," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Rupiah Menguat ke Rp14.370/USD Dipicu Sentimen Pemulihan Ekonomi di Tengah Pandemi
Nilai Tukar Rupiah Berpotensi Melemah karena Kekhawatiran Peningkatan Kasus Covid-19
Rupiah Ditutup Menguat ke Level Rp14.440 per USD
Rupiah Menguat Tipis ke Rp14.465 per USD Dipicu Harapan Pasar soal Perbaikan Ekonomi
Rupiah Menguat ke Level Rp14.465 per USD Seiring Respons Membaiknya Ekonomi Global
Isu Reshuffle Kabinet Bawa Rupiah Hari ini Ditutup Melemah Menjadi Rp14.522 per USD

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami