Nilai Tukar Rupiah Kembali Jatuh ke Level Rp16.337 per USD

Nilai Tukar Rupiah Kembali Jatuh ke Level Rp16.337 per USD
UANG | 30 Maret 2020 17:56 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) kembali melemah di perdagangan hari ini, Senin (30/3). Sore ini, Rupiah tercatat ditutup di level Rp16.337 per USD atau melemah dibanding penutupan perdagangan sebelumnya yang berada di Rp16.170 per USD.

Mengutip data Bloomberg, tadi pagi Rupiah padahal sempat menguat di level Rp16.155 per USD. Namun, mulai siang hari Rupiah terus bergerak melemah.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim, mengatakan pelemahan nilai tukar hari ini disebabkan oleh pernyataan IMF pada pekan lalu. Di mana, IMF menyatakan pandemi Virus Corona berubah menjadi krisis ekonomi global.

"Soal Rupiah yang melemah, wajar sekali karena hampir semua negara secara global baik investor setelah mendapat informasi dari IMF bahwa Covid-19 akan menyebabkan krisis ekonomi global," ujarnya kepada merdeka.com, Jakarta, Senin (30/3).

Ibrahim mengatakan, pernyataan tersebut telah memunculkan kepanikan bagi pasar keuangan. Terlebih lagi pasar mengamati bahwa dampak penyebaran pandemi saat ini masih akan berlangsung untuk jangka yang cukup lama.

"Pelaku pasar kembali panik dan menganggap Virus Corona adalah periode ketidakpastian yang kemungkinan besar akan terus berkembang. Jadi ketidakpastian yang berkepanjangan," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Pernyataan IMF...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami