Nilai Tukar Rupiah Melemah Tipis ke Level Rp14.282 per USD

Nilai Tukar Rupiah Melemah Tipis ke Level Rp14.282 per USD
UANG | 1 Juli 2020 16:51 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Nilai tukar Rupiah ditutup melemah tipis 17 poin dilevel Rp14.282 dari penutupan sebelumnya dilevel Rp14.299, Rabu (1/7). Pelemahan tersebut salah satunya dipengaruhi oleh kondisi eksternal yaitu penandatangan undang-undang keamanan nasional Hong Kong.

Direktur TRFX Garuda Berjangka Ibrahim mengatakan setelah ditandatangani undang-undang keamanan nasional untuk Hong Kong oleh Presiden Negeri Tirai Bambu Xi Jinping maka ada keuntungan tersendiri bagi pasar dalam negeri.

"Kemungkinan aliran modal asing yang terparkir di Hong Kong akan kembali mengalir ke pasar dalam negeri, sehingga pemerintah harus melakukan evaluasi kebijakan dan menyiapkan regulasi yang bisa memudahkan pengusaha-pengusaha tersebut untuk memindahkan asetnya," jelasnya.

Secara bersamaan Bank Indonesia terus berupaya untuk menstabilkan mata uang Garuda dengan melakukan intervensi di pasar Valas, Obligasi dan SUN di pasar DNDF. Sehingga pasar kembali stabil walaupun dalam penutupan sore ini rupiah masih ditutup melemah namun tipis.

"Dalam perdagangan besok rupiah kemungkinan akan menguat terbatas dilevel Rp14.250 sampai 14.300 per USD," tandasnya. (mdk/idr)

Baca juga:
Nilai Tukar Rupiah Merosot ke Rp14.245/USD Dipicu Meningkatnya Kasus Positif Covid-19
Rupiah Melemah ke Rp14.220/USD Dipicu Kekhawatiran Meningkatnya Penyebaran Covid-19
Nilai Tukar Rupiah Melemah Dipicu Kekhawatiran Potensi Gelombang Kedua Covid-19
CEK FAKTA: Tidak Benar Uang Pecahan 100 Rupiah Tahun 1954 Terdapat Tulisan Arab
Silang Pendapat Proyeksi Nilai Tukar Rupiah BI dan Pemerintah di 2021
Dibuka Menguat Tipis, Rupiah Melemah ke Rp14.135 per USD

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami