OJK Dorong Lembaga Keuangan Syariah Lakukan Digitalisasi

OJK Dorong Lembaga Keuangan Syariah Lakukan Digitalisasi
UANG | 21 September 2020 12:46 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Wimboh Santoso mengatakan industri keuangan syariah harus beradaptasi dengan sistem digital. Akibat pandemi ini, digitalisasi bukan lagi sebagai pilihan, melainkan kebutuhan.

"Pandemi ini telah mempercepat proses digitalisasi di dalam ekosistem ekonomi syariah dalam rangka memenuhi tuntutan kebutuhan masyarakat yang semakin pro digital di era new normal ini," kata Wimboh dalam dalam Forum Riset Ekonomi Keuangan Syariah 2020, Jakarta, Senin (21/9).

Dia menjelaskan dengan teknologi bisa dimanfaatkan untuk membuka akses keuangan di daerah-daerah yang belum terjangkau. Saat ini, otoritas sudah mulai melakukan digitalisasi kepada lembaga keuangan mikro.

Proses digitalisasi ini tidak hanya dari sisi akses keuangannya saja. Namun juga dari hulu ke hilir dengan proses bisnis usaha mikro kecil (UMK) hingga pemasaran melalui platform digital. "Digitalisasi ini tidak hanya di sisi akses keuangannya saja tapi dari hulu ke hilir," kata dia.

Cara ini dinilai akan memudahkan keuangan syariah langsung bertemu dengan pasarnya, yakni masyarakat, sehingga berbagai produk jasa keuangan dapat memenuhi kebutuhan harian masyarakat. "Ini akan yang lebih leluasa kepada umat kita untuk berbagai produk jasa keuangan maupun produk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari melalui e-commerce," sambung Wimboh.

Untuk itu, digitalisasi keuangan syariah harus segera dilakukan. Tujuannya demi mempercepat proses peran bank syariah atau keuangan syariah. Termasuk untuk memberikan akses kepada masyarakat di daerah-daerah. (mdk/azz)

Baca juga:
Sri Mulyani Ajak Perguruan Tinggi Aktif Lakukan Riset Ekonomi Syariah
Bos OJK Beberkan Tiga Kunci Pengembangan Keuangan Syariah
Strategi OJK Genjot Permintaan Produk Keuangan Syariah
Bos OJK Ingin Bank Syariah RI Bisa Bersaing dengan Konvensional
Sri Mulyani: Pengembangan Ekonomi Syariah Jadi Tugas Bersama
OJK Catat Aset Keuangan Syariah Capai Rp 1.639 Triliun Hingga Juli 2020

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami