Ombudsman: Kilang Minyak Balongan Sudah 3 Kali Terbakar

Ombudsman: Kilang Minyak Balongan Sudah 3 Kali Terbakar
Kilang Balongan terbakar. ©2021 Merdeka.com
UANG | 14 April 2021 14:05 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Anggota Ombudsman Republik Indonesia, Hery Susanto, melakukan investigasi terhadap kebakaran Kilang Balongan, Jawa Barat, yang terjadi beberapa waktu lalu. Temuan Ombudsman, kilang ini ternyata sudah pernah terbakar sebanyak 3 kali.

"Kilang minyak Balongan sudah 3 kali terbakar," ujar Hery dalam jumpa pers secara online, Jakarta, Rabu (14/4).

Dia merinci, kebakaran pertama terjadi pada Oktober 2007. Dengan adanya insiden tersebut api tidak merusak fasilitas produksi dan hanya mengganggu fasilitas pembuangan limbah.

"Kedua, pada 4 Januari 2019 pukul 09.40 WIB kebakaran terjadi di kawasan Kilang Minyak Balongan. Insiden tersebut terjadi pada fasilitas pemasok gas milik PT Pertamina EP Aset 3 ke pengolahan minyak Balongan," jelasnya.

Adapun yang terbaru terjadi pada 29 Maret 2021 pukul 00.45 WIB. Kebakaran dahsyat kembali terjadi di kilang Balongan, di mana telah terjadi insiden yang menyebabkan terjadinya kebakaran di tangki T301G.

"Kilang yang terbakar adalah Kilang Minyak Pertamina Balongan yang berlokasi di Desa Balongan, Indramayu, Jawa Barat," jelas Hery.

Adapun kegiatan pemeriksaan, kata Heru, dilakukan oleh Ombudsman pada 7 hingga 8 April 2021. Kemudian pada 9 April 2021, Ombudsman meminta penjelasan penyebab kebakaran kepada PT Pertamina (Persero).

"Kegiatan pemeriksaan yang kami lakukan, pertama tentu pada 7 hingga 8 April 2021 kami melakukan investigasi. Lalu pada 9 April 2021 kami meminta keterangan kepada PT Pertamina dan PT Kilang Pertamina Internasional dan perusahaan holding Pertamina," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Kilang Balongan Terbakar Indonesia Terancam...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami