Ombudsman Minta Pertamina Percepat Ganti Rugi Kerusakan Rumah Warga di Balongan

Ombudsman Minta Pertamina Percepat Ganti Rugi Kerusakan Rumah Warga di Balongan
Kilang Balongan. skyscrapercity.com
UANG | 14 April 2021 15:30 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Ombudsman Republik Indonesia telah melaksanakan investigasi lapangan pada lokasi kebakaran tangki Pertamina di Balongan, Indramayu, Jawa Barat. Berdasarkan hasil investigasi tersebut, Ombudsman memberikan saran kepada PT Pertamina.

Anggota Ombudsman, Hery Susanto meminta Pertamina untuk segera mempercepat verifikasi data kerusakan rumah warga. Hal ini untuk mempercepat penggantian kerugian yang dialami oleh warga.

"Perihal mekanisme ganti rugi atas bangunan yang rusak, agar dilaksanakan dengan proses yang valid, cepat, tepat, partisipatif dan adil," ujar Hery dalam konferensi pers online, Jakarta, Rabu (14/4).

Data Ombudsman menyebutkan, peristiwa kebakaran dan meledaknya tangki Pertamina Balongan ini berdampak terhadap setidaknya 2.788 rumah warga sekitar dan baru diverifikasi sebanyak 1.313 rumah. Jumlah korban dilaporkan mencapai 895 jiwa yang terdiri dari 353 kepala keluarga.

Ombudsman juga meminta Pertamina untuk segera menyelesaikan investigasi mengenai akar penyebab terjadinya kebakaran empat tangki Pertamina Balongan dan menyampaikannya secara transparan kepada publik sebagai bahan evaluasi dan perbaikan ke depan.

"Hal ini perlu melibatkan Bareskrim Polri untuk melakukan investigasi lebih lanjut,” jelas Hery.

Baca Selanjutnya: Koordinasi dengan BNPB...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami