Orang Terkaya Australia Minat Investasi Energi Baru Terbarukan di Indonesia

Orang Terkaya Australia Minat Investasi Energi Baru Terbarukan di Indonesia
UANG | 2 September 2020 20:10 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Perusahaan asal Australia, Fortescue Metals Group (FMG), tertarik mengembangkan teknologi baru nol karbon dan membangun industri dari hulu ke hilir di Indonesia. Hal ini diungkapkan pemilik FMG yang juga salah satu pengusaha terkaya asal Australia, Andrew Forest dalam rapat koordinasi bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

"FMG akan membantu mengembangkan teknologi baru nol karbon dan membangun industri dari hulu ke hilir di Indonesia," kata Andrew dalam keterangan pers Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jakarta, Rabu (2/9).

Andrew menargetkan proyek ini akan diselesaikan dalam waktu 10 tahun. Dia mengaku telah berkeliling ke banyak negara termasuk di Indonesia. Hingga akhirnya dia memutuskan memilih Indonesia menjadi tempat pengembangan energi hijau.

Delegasi FMG menilai pembangunan industri hijau di Indonesia akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama yakni proses produksi energi terbarukan. Dalam hal ini, Indonesia memiliki potensi sumber tenaga air sebesar 60 GW dan 20 GW sumber panas bumi.

Tahap kedua yakni energi terbarukan yang telah diproduksi akan melalui tahap transmisi. Dari proses ini akan menghasilkan berbagai macam produk hijau seperti baja, metal, hingga bentuk energi lainnya termasuk pupuk. Produk ini kata Andrew akan diangkut ke pelabuhan, untuk kemudian dipasarkan.

"Dalam prosesnya, FMG berkomitmen untuk membantu pemberdayaan ekonomi dan sumber daya manusia di Indonesia dengan membuka kesempatan pekerjaan dan pelatihan bagi warga setempat," kata Andrew.

Sehingga kerja sama antara Indonesia-Australia ini akan berdampak pada diversifikasi dan peningkatan keterampilan. Hal ini pun telah banyak dilakukan FMG dengan berbagai perusahaan termasuk di Australia.

Baca Selanjutnya: Indonesia-Australia Sama-Sama Miliki Potensi Besar...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami