Pagi Ini, Sri Mulyani Beri Pemahaman Keuangan Negara ke Murid Sekolah Dasar

Pagi Ini, Sri Mulyani Beri Pemahaman Keuangan Negara ke Murid Sekolah Dasar
UANG | 4 November 2019 09:47 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati pagi ini melakukan kunjungan ke Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kenari 01, Jakarta Pusat. Kunjungan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman dasar kepada anak-anak mengenai pengelolaan keuangan negara.

Kepada anak-anak, Sri Mulyani menjelaskan bahwa di suatu negara manapun ada instansi pemerintah yang tugasnya adalah mengurusi keuangan negara. Dalam hal ini, Kementerian Keuangan memberikan peranan tersebut.

"Berarti ada menteri yang harus urus uang nah itu siapa? Ibu. Semua membutuhkan dana untuk pembangunan negara menterinya menteri keuangan negara orangnya ada di sini," kata Sri Mulyani kepada anak-anak, di SD Kenari 01, Jakarta, Senin (4/11)

Dalam kesempatan tersebut, Bendahara Negara ini juga melontarkan beberapa pertanyaan kepada anak-anak. Tujuannya, untuk merespons pemahaman anak-anak atas dasar tugas dan fungsi dari Kementerian Keuangan.

"Kalau Menkeu tugasnya kelola keuangan negara uangnya kira-kira dari mana yah?," tanya Sri Mulyani kepada anak-anak.

Secara kompak, para anak-anak tersebut kemudian menjawab dengan beragam macam. "Jual beli. Pajak. Cukai Bu," jawab anak-anak.

Mendengar jawaban tersebut, kemudian Sri Mulyani memberikan pertanyaan kembali kepada mereka. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menanyakan pajak yang dihasilkan tersebut berupa pajak dari mana.

"pajak rokok, mobil, rumah," jawab anak-anak.

Seperti diketahui, kehadiran Sri Mulyani ini juga dalam rangkaian kegiatan hari oeang yang tersebar di 27 provinsi seluruh Indonesia. Dalam hal ini, terdapat 3.700 relawan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkungan Kementerian Keuangan yang terlibat. (mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami