Pedagang Hewan Kurban Banting Harga di Idul Adha

UANG | 11 Agustus 2019 14:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pedagang hewan kurban di wilayah Kota Tangerang dan Tangerang Selatan melakukan banting harga pada hari Idul Adha, mulai dari Rp 500 ribu untuk kambing dan Rp 4 juta untuk sapi. Seperti harga kambing yang dijual turun Rp 1 juta dari Rp 3,5 juta menjadi Rp 2,5 juta.

"Kalau sudah lebaran harganya merosot," kata salah satu pedagang, Mugiyanto di Graha Raya Serpong, Tangerang Selatan, Minggu (11/8).

Mugiyanto membawa total 100 kambing dan 15 sapi. Hingga kini, ada 15 ekor kambing dan enam ekor sapi yang tersisa. Harga sapi pun juga turun dibanding hari sebelumnya. Dia menyebut pemasukan penjualan kambing lebih tinggi tahun lalu, meski enggan menyebut angka spesifik.

"Sapi harganya turun total. Dulunya jual Rp 25 juta, sekarang Rp 18 juta - Rp 19 juta. Itu ukuran 350 kilo," jelasnya.

Penjual hewan kurban, Maryasin (54) yang berjualan di Jln. K.H. Hasyim Ashari, Cipondoh, berkata tak banyak perubahan dari tahun lalu dan sekarang. Dia menjual 100 ekor kambing dengan ukuran 30 kg hingga yang beratnya di atas 50 kg.

"Pertama turun 100 ekor, masih ada 30-an. Paling laku ukuran Rp 3 juta - Rp 4 juta, ukurannya 30-40 kilogram," ujar pria yang sehari-hari berjualan sate itu. Ia pun turut menurunkan harga kambing yang tersisa di kisaran Rp 500 ribu.

Di lokasi sama, Bowo (43) berhasil menjual habis 100 ekor kambing yang ia bawa. Sapi yang ia jual pun sudah tinggal satu ekor saja dan turun harga sebanyak Rp 4 juta. "Sebelumnya itu sekitar Rp 22 juta, sekarang paling Rp 18 juta. Ukurannya 300 kiloan. Kambing bawa 100, habis semua, tinggal kirim," ucapnya.

Reporter: Tommy Kurnia

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Melihat Hewan-hewan Kurban Disembelih di Masjid Sunda Kelapa
Suasana Salat Id Idul Adha di Negeri Serambi Mekah
Jokowi Ungkap Alasan Salat Idul Adha di Jawa Barat Tiga Tahun Berturut-turut
Deputi Senior BI Terharu Saksikan Pemotongan Hewan Kurban
Anies Baswedan Temukan Ratusan Hewan Kurban Tak Layak Potong di Jakarta
CFD Ditiadakan, Begini Suasana Bundaran HI-Thamrin Saat Idul Adha

(mdk/azz)