Pekerja Informal Tak Punya Slip Gaji Bisa Beli Rumah Lewat BP Tapera, Begini Caranya

Pekerja Informal Tak Punya Slip Gaji Bisa Beli Rumah Lewat BP Tapera, Begini Caranya
Perumahan. ©2017 Merdeka.com
EKONOMI | 26 Oktober 2021 14:32 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera membuka celah bagi masyarakat bekerja di sektor informal untuk bisa masuk kepesertaan program Masyarakat Berpenghasilan Rumah (MBR). Dengan begitu, nantinya mereka bisa memiliki hunian atau rumah pertama dengan mudah.

Komisioner BP Tapera, Adi Setianto mengatakan, setidaknya ada sekitar 60 persen masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang bekerja di sektor informal. Di mana mereka semua mengalami kesulitan untuk mendapatkan akses pembiayaan rumah pertama dari lembaga keuangan.

"Kalau pembiayaan ke bank ada slip gaji, jadi informal jadi jauh dari akses pembiayaan bank untuk rumah pertama. Diharapkan mereka bisa peserta dengan menabung rutin 1 tahun. Nanti dilihat profilnya nanti bisa menjadi jembatan informal dan perbankan," katanya dalam Peluncuran Kontrak Investasi Kolektif (KIK) Pemupukan Dana Tapera Pasar Uang secara daring di Jakarta, Selasa (26/10).

Adi mengatakan, untuk saat ini pihaknya memang masih fokus terhadap kepesertaan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun ke depan, peserta BP Tapera tidak menutup kemungkinan akan diperluas ke pegawai BUMN, BUMD dan TNI Polri. Setelah itu baru ke pekerja mandiri informal.

"Untuk saat ini kami memang fokus di ASN tapi persiapan untuk yang selain ASN yaitu BUMN, BUMD, TNI dan Polri mungkin di tahun 2023," kata dia

"Jadi tahun depan setelah ASN kita akan bergerak ke mandiri dan informal karena mereka yang butuh kita bantu dalam hal pembiayaan perumahan," sambung dia.

2 dari 2 halaman

Kriteria Peserta

Berdasarkan UU No. 4 Tahun 2016 mengenai Tabungan Perumahan Rakyat bahwa kriteria peserta BP Tapera yaitu sebagai berikut:

a. Peserta Tapera adalah setiap warga negara Indonesia dan warga negara asing pemegang visa dengan maksud bekerja di wilayah Indonesia paling singkat enam bulan yang telah membayar simpanan.

b. Pekerja adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain sesuai dengan ketentuan perundang-undangan.

c. Pekerja Mandiri adalah setiap warga negara Indonesia yang bekerja dengan tidak bergantung pada pemberi kerja untuk mendapatkan penghasilan.

d. Setiap pekerja dan pekerja mandiri yang berpenghasilan paling sedikit sebesar upah minimum wajib menjadi peserta.

e. Pekerja mandiri yang berpenghasilan di bawah upah minimum dapat menjadi peserta.

f. Peserta telah berusia paling rendah 20 tahun atau sudah menikah pada saat mendaftar. (mdk/idr)

Baca juga:
BP Tapera Pastikan Tak Semua Dana Kelolaan Akan Diinvestasikan
BP Tapera Investasikan Dana Kelolaan Rp 690 Miliar pada Instrumen Pasar Uang
CEK FAKTA: Hoaks, SMS BP Tapera Terkait Pengembalian Dana Pensiun PNS dan Ahli Waris
PUPR: Penyaluran Dana FLPP Sepenuhnya Ditangani BP Tapera Mulai 2022
BP Tapera Cairkan Dana PNS Pensiun Periode Januari-April 2021 Melalui Taspen
BP Tapera Siap Cairkan Dana Taperum PNS Rp229 Miliar untuk 48.065 Penerima

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami