Pekerja Perhotelan Hingga Penerbangan Masuk Daftar Penerima Subsidi Gaji Rp 600.000

Pekerja Perhotelan Hingga Penerbangan Masuk Daftar Penerima Subsidi Gaji Rp 600.000
UANG | 12 Agustus 2020 15:59 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah masih mematangkan rencana pemberian bantuan sebesar Rp600.000 per bulan bagi pekerja berpenghasilan di bawah Rp5 juta. Menurutnya, sasaran pemberian bantuan tersebut di antaranya pekerja di sektor perhotelan, restoran dan penerbangan.

"Pemerintah akan mendorong yang gaji di bawah Rp5juta semuanya juga pasti pekerja perhotelan, restoran. Karena kita tahu pekerja di perhotelan, restoran dan pesawat udara itu adalah first timer, mereka yang pertama bekerja dan anak-anak muda," ujar Airlangga dalam rakornas Apindo, Jakarta, Rabu (12/8).

Airlangga mengatakan, pemberian bantuan tersebut akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat. Nantinya setiap pekerja akan menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta dalam kurun waktu 4 bulan dengan penyaluran masing-masing Rp1,2 juta setiap dua bulan sekali.

"Ini akan segera diluncurkan pemerintah bantuan sebesar Rp2,4 juta dan bantuan ini akan dibagi 2 gelombang masing-masing Rp1,2 juta per tahap dan ini lagi dalam tahap finalisasi Dipa," jelasnya.

Pemberian bantuan tersebut, kata Mantan Menteri Perindustrian tersebut, merupakan bagian dari program pemulihan ekonomi. Disamping memberikan bantuan tunai kepada pekerja berpenghasilan rendah, pemerintah juga menyiapkan program Kartu Prakerja bagi tenaga kerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi.

"Terkait tenaga kerjanya, kalau yang terkena PHK itu sudah disiapkan Kartu Prakerja, dan data sudah disampaikan Menaker 2,1 juta, ini pekerjanya sudah ditangani dan minggu ini yang masuk batch Kartu Prakerja 800.000 yang akan kita laksanakan, mereka akan dapat pelatihan dan semi bansos," tandasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Jokowi Sebut Subsidi Gaji Rp 600.000 Cair Dua Pekan Mendatang
Pemerintah Harap Penerima Subsidi Gaji Rp 600.000 Belanja Produk Dalam Negeri
Langkah Pencairan Subsidi Gaji Rp 600.000 Pekerja Berpenghasilan di Bawah Rp 5 Juta
BPJamsostek Telah Kantongi 700.000 Rekening Pekerja Penerima Subsidi Gaji Rp 600.000
Sri Mulyani Kantongi Nomor Rekening 208.000 Pekerja dengan Gaji di Bawah Rp5 Juta
BPJamsostek Imbau Pengusaha Segera Laporkan Pekerja Bergaji di Bawah Rp 5 Juta

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami