Pelabuhan Patimban Dinilai Bakal Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Pelabuhan Patimban Dinilai Bakal Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat
UANG | 27 November 2020 16:35 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan, Budi Setiyadi menilai, kehadiran Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat akan memberikan sentimen positif bagi perekonomian Indonesia, khususnya pada kinerja logistik nasional.

Menurut dia, ada 6 penggerak utama sistem logistik nasional yang harus diperbaiki. Di antaranya faktor komoditas utama, infrastruktur logistik, pelaku, penyedia jasa ,sumber daya manusia (SDM), dan harmonisasi regulasi.

"Nantinya dengan akan diresmikannya Pelabuhan Patimban, tentunya akan ada perbaikan dari intervensi pemerintah untuk memperbaiki infrastruktur logistik," kata Budi saat berdiskusi dalam webinar bersama Liputan6.com, Jumat (27/11).

Hal tersebut nantinya juga akan memberikan kontribusi terhadap perbaikan, sistem logistik nasional di Tanah Air, yang efeknya adalah Indonesia akan mempunyai daya saing yang cukup baik di tingkat nasional maupun internasional.

"Dan tentunya yang akan kita dapatkan berikutnya adalah kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat," sambungnya.

Berdasarkan sudut pandangnya, sistem jaringan logistik nasional itu harus terintegrasi, baik dengan pelabuhan hub internasional di beberapa benua dan negara yang lain, juga terintegrasi dengan beberapa pelabuhan yang ada di pulau-pulau Indonesia.

"Tentunya nantinya dengan adanya pelabuhan internasional Indonesia yang ada di Patimban, sebagai opsi lain dari pelabuhan yang ada di Tanjung Priok, ini akan memberikan kontribusi yang lebih terhadap kinerja infrastruktur," ujar Budi.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Menhub Budi: Pelabuhan Patimban akan Jadi Titik Kekuatan Ekonomi
Pemerintah akan Bangun Kantor Bea Cukai Khusus di Pelabuhan Patimban
Menhub Budi: Pelabuhan Patimban dan Tanjung Priok Bakal Saling Melengkapi
Menko Luhut: Pelabuhan Patimban Buka 149.000 Lowongan Kerja
Kemenhub Bakal Bangun Politeknik Kemaritiman di Pelabuhan Patimban
Menko Luhut: Kolaborasi Pelabuhan Patimban-Tanjung Priok akan Pangkas Biaya Logistik

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami