Pelemahan IHSG jadi momentum investor lokal rebut dominasi asing

UANG | 9 Oktober 2014 11:54 Reporter : Saugy Riyandi

Merdeka.com - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai penurunan laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menjadi momentum positif bagi investor domestik mengambil alih kekuasaan investor asing di pasar modal Indonesia. Sejauh ini, kepemilikan saham oleh investor asing mencapai 64 persen di pasar modal.

"Sebetulnya kondisi saat ini adalah kondisi yang sangat bagus bagi investor domestik untuk mulai masuk ke pasar saham Indonesia," ujar Direktur Utama BEI Ito Warsito di Gedung BEI, Jakarta, Kamis (9/10).

Menurut Ito, kaburnya investor asing dari Indonesia, dapat dimanfaatkan masyarakat meraup keuntungan di Tanah Air. Selama ini, keuntungan dari tanah Indonesia dominan lari ke luar negeri.

"Saya harap investor domestik harus jeli menangkap kans untuk memperoleh gain yang lebih besar dalam kurun jangka menengah dan panjang," kata dia.

Dengan demikian, kata dia, ketika investor asing kembali masuk ke pasar domestik, maka struktur harga yang terbentuk akan terus meninggi. "Nanti pada saat investor asing masuk, harga sudah agak naik lagi," pungkas dia. (mdk/bim)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.