Pelindo II Tutup 3 Terminal Penumpang Kapal Cegah Penyebaran Covid-19

Pelindo II Tutup 3 Terminal Penumpang Kapal Cegah Penyebaran Covid-19
Kapal Pelni. ©2016 Merdeka.com/ibnu sena
UANG | 6 April 2020 19:58 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - PT Pelabuhan Indonesia II Persero (IPC) menutup sementara tiga pelabuhan yang melayani penumpang, yakni Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Pandan, Belitung dan Pelabuhan Pangkal Balam di Provinsi Bangka Belitung. Kemudian yang ketiga yaitu Terminal Penumpang Pelabuhan Boom Baru di Palembang, Sumatera Selatan.

"Kapal yang melayani penumpang di ketiga pelabuhan tersebut menghentikan sementara guna meredam meluasnya penyebaran virus corona," kata Direktur Utama IPC, Arif Suhartono, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (6/4).

Sedangkan dua terminal penumpang lainnya masih beroperasi, yakni di Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Pontianak. Keputusan ini diambil oleh pihak pengelola kapal sebagai upaya mendukung program Pemerintah Daerah & Provinsi dalam mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Arif menjelaskan, per 1 April 2020 operasional Kapal Cepat Express Bahari rute Belitung – Bangka (PP) berhenti sementara. Demikian juga dengan Kapal Cepat Express Bahari rute Palembang-Muntok (PP).

Meski terminal penumpang di ketiga pelabuhan itu tutup sementara, namun operasional dan pelayanan terminal lainnya di sana tetap beroperasi. Kapal barang tetap bisa bersandar dan melakukan bongkar muat. "Baik di terminal peti kemas, terminal non peti kemas, maupun terminal multi purposes,” ujar Arif.

Baca Selanjutnya: Dua Pelabuhan Beroperasi...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami