Pelni Pastikan Pelayaran Kapal Tetap Berjalan dengan Peningkatan Pengecekan Penumpang

Pelni Pastikan Pelayaran Kapal Tetap Berjalan dengan Peningkatan Pengecekan Penumpang
Aktivitas Kapal Feri. ©2012 Merdeka.com/imam buhori
EKONOMI | 16 Maret 2020 11:40 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) memastikan Virus Corona (Covid-19) yang masuk Indonesia tidak mengganggu aktivitas pelayanan operasional. Baik pada kapal penumpang maupun kapal perintis yang dioperasikan oleh perseroan.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI (Persero), Yahya Kuncoro, menjelaskan bahwa PELNI tetap memberikan pelayanan seperti biasa, dibarengi dengan peningkatan prosedur pengecekan terhadap para penumpang.

"Sehubungan dengan adanya virus corona yang telah masuk di Indonesia, PELNI tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat di seluruh Nusantara dan pelayanan kami baik itu penjualan tiket maupun pelayaran penumpang tetap berjalan normal seperti biasa," ungkap Yahya pada Minggu (15/3).

Disampaikan lebih lanjut, bahwa jadwal seluruh kapal penumpang juga tidak terganggu dengan adanya covid-19. Adapun beberapa kapal juga sudah dilaksanakan sosialisasi, yaitu KM Ciremai, KM Nggapulu, KM Leuser, KM Awu, KM Dorolonda, serta di beberapa Kantor PELNI cabang, seperti Tg. Priok, Surabaya, dan Makassar.

"Kami juga telah memberikan edukasi bagi para Nakhoda, ABK dan kantor-kantor cabang terkait penanganan virus corona. Selain itu, manajemen juga melakukan penyemprotan disinfektan pada kapal serta menempatkan hand sanitizer bagi penumpang pada lokasi yang stategis bagi penumpang," jelas Yahya.

Selain itu, Yahya menambahkan, pihaknya juga memberikan imbauan terkait kebersihan dan kesehatan kepada para penumpang melalui pengeras suara setiap 3 jam sekali, termasuk juga menyediakan alat pengukur suhu di setiap kapal-kapal PELNI.

2 dari 2 halaman

Menhub Luhut Minta Transportasi Umum Disemprot Disinfektan 3 Kali Sehari

minta transportasi umum disemprot disinfektan 3 kali sehari

Menteri Perhubungan Ad Interim, Luhut Binsar Pandjaitan, memberikan lima arahan penting kepada Jajaran Kementerian Perhubungan pada saat melakukan rapat koordinasi melalui video conference di Jakarta, Minggu (15/3). Arahan tersebut menanggapi penyebaran Virus Corona di Indonesia.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, mengatakan arahan pertama adalah Dirjen Perhubungan Laut, Dirjen Perhubungan Udara, Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perkeretaapian diminta mengutamakan kebersihan semua moda transportasi publik antara lain dengan penyemprotan disinfektan tiga kali sehari.

"Hal serupa agar dilaksanakan di daerah-daerah," ujar Adita melalui siaran pers, Jakarta, Senin (16/3).

Menhub Luhut turut meminta ada sosialisasi publik/pengumuman di titik-titik utama transportasi publik tentang gejala (symptom) Corona dan imbauan untuk menjaga kebersihan diri sendiri dan kebersihan lingkungan.

"Serta imbauan untuk menghindari perjalanan bagi yang merasa sakit," tambahnya.

Reporter: Pipit Ika Ramadhani

Sumber: Liputan6

(mdk/bim)

Baca juga:
Solo KLB Corona, RSUD dr Moewardi Larang Pasien Rawat Inap Dibesuk
Mendikbud Dorong Kuliah Jarak Jauh dan Tunda Wisuda
Penjelasan Menteri Suharso Monoarfa soal Foto Tes Virus Corona
Ada Wabah Corona, Kantor Satpas SIM Polda Metro Jaya Beroperasi Seperti Biasa
Presiden Imbau Bekerja di Rumah, DPR Kritik Terjadinya Penumpukan Penumpang
Siaga Virus Corona, Pertamina Pastikan Stok BBM dan LPG Cukup untuk 20 Hari
UN SMK di Sumut Tetap Berlangsung, Sekolah Diingatkan Waspada Virus Corona

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami