Pembangunan Bendungan Way dan Pidekso Ditargetkan Rampung Tahun Ini

Pembangunan Bendungan Way dan Pidekso Ditargetkan Rampung Tahun Ini
Pembangunan Dua Bendungan PSN. ©2021 Istimewa
UANG | 11 Maret 2021 17:00 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - PT Pembangunan Perumahan (Persero), Tbk (PT PP) menargetkan penyelesaian pembangunan dua bendungan yang termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) di tahun ini. Adapun kedua proyek bendungan tersebut, yaitu proyek pembangunan Bendungan Way Sekampung Paket I dan III yang berlokasi di Lampung dan Bendungan Pidekso di Jawa Tengah.

Sekretaris Perusahaan PTPP Yuyus Juarsa mengatakan, penyelesaian pembangunan proyek bendungan yang menjadi PSN merupakan salah satu program pemerintah untuk mendukung ketahanan air dan pangan nasional.

"Selain itu, kehadiran bendungan tersebut dapat digunakan sebagai pengendali banjir, sebagai lahan konservasi, serta pariwisata, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Tidak hanya itu, kehadiran bendungan diharapkan mampu meningkatkan intensitas tanam melalui irigasi sehingga diharapkan dengan selesainya pembangunan bendungan ini nanti dapat mendorong pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19," imbuhnya Kamis (11/3).

Proyek pembangunan Bendungan Way Sekampung Paket I terletak di Kabupaten Pringsewu, Provinsi Lampung memiliki nilai kontrak sebesar Rp 923 miliar tersebut dikerjakan dengan masa pelaksanaan selama 1.645 hari kalender dan memiliki masa pemeliharaan selama 450 hari kalender.

Proyek yang didanai oleh APBN ini memiliki lingkup pekerjaan, antara lain pembangunan proteksi lereng spillway, galian lereng spillway, spiilway dan hidromekanikal, jalan inspeksi PLTA sepanjang 417 meter, proteksi lereng jalan, jalan akses kanan sepanjang 2.827 meter, dan sebagainya. Proyek pembangunan yang dikerjakan sejak tahun 2016 ini telah mencapai progres 100 persen di bulan Maret ini.

Sementara untuk proyek Bendungan Way Sekampung Paket III pengerjaan dilakukan sejak tahun 2020 ini memiliki masa pelaksanaan selama 240 hari kalender dan masa pemeliharaan selama 365 hari kalender. Saat ini, proyek yang dimiliki oleh Kementerian PUPR ini telah mencapai progres pembangunan sebesar 54,64 persen.

Sedangkan, proyek pembangunan Bendungan Pidekso terletak di Kecamatan Giriwoyo, Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah memiliki nilai kontrak Rp739 miliar. Bendungan Pidekso dirancang memiliki kapasitas tampungan sebesar 25 juta m3 dengan Panjang bendungan 387meter dan tinggi bendungan 40 meter.

Saat ini, progres keseluruhan pembangunan bendungan tersebut telah mencapai 60,32 persen. Adapun beberapa lingkup pekerjaan telah berhasil diselesaikan di Tahap I, seperti Jalan Relokasi, Jalan Akses, Saluran Pembawa, dan Spillway. Sementara, lingkup pekerjaan lainnya yang masih dalam tahap pembangunan, antara lain: Jalan Lingkar, SUTT, Cofferdam, Main Dam, Instrumentasi, Pengelak, Intake, dan Fasilitas Umum. (mdk/azz)

Baca juga:
Cerita Jokowi Diminta Rektor Dibangunkan Embung Saat Resmikan Kampus Baru Untirta
Resmikan Bendungan Sindang Heula Banten, Jokowi Sebut Bermanfaat Kendalikan Banjir
Jokowi akan Resmikan Bendungan Sindang Heula di Banten
Progres Capai 81,64 Persen, Bendungan Ciawi Ditarget Rampung Desember 2021
Jokowi: Saya Yakin NTT akan Makmur Kalau Bendungan Selesai
Jokowi akan Tinjau Lumbung Pangan dan Resmikan Bendungan Napun Gete NTT

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami