Pembangunan MRT Bundaran HI-Ancol Timur Ditargetkan Rampung 2024

UANG | 20 November 2019 13:44 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan fase II mass rapid transit atau moda raya terpadu (MRT) rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Ancol Timur sepanjang 13,5 km akan dimulai pada 2020, dan ditargetkan rampung pada 2024-2025.

"Tahun depan kita akan membangun dari HI sampai ke Ancol. Sudah bisa kita kalkulasi dari HI-ke Ancol kita harapkan 2024-2025 selesai," kata Budi di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Rabu (20/11).

Dia mengatakan, hal tersebut merupakan langkah konkret untuk membangun infrastruktur di Indonesia. Selain itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga berpesan agar para kontraktor di Indonesia dilibatkan.

"Konten dalam negeri juga harus ditingkatkan sehingga mendukung program-program nasional yang suatu waktu ini jadi potensi kita untuk jadi produk-produk ekspor," ungkapnya.

1 dari 1 halaman

Investasi Rp22,5 Triliun

Direktur Konstruksi PT MRT Jakarta, Silvia Halim mengatakan, MRT Fase II yakni dengan rute stasiun Bundaran HI-Kota menelan biaya investasi sebesar Rp22,5 triliun. Proses tender pun dilakukan pada tahun ini.

"Tahun ini bakal mulai tendering fase II. Akhir tahun 2019 sudah mulai dikerjakan. Mulai relokasi utilitas sepanjang koridor fase II. Mulai bongkar-bongkar jalan lagi Thamrin dan Hayam Wuruk," tuturnya di Jakarta, Jumat (29/3).

Dia menambahkan, perusahaan telah memperoleh persetujuan dari Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Kemensetneg) untuk membangun track MRT di wilayah atau kawasan seputar Monas. "Monas sudah dapat persetujuan Kemensesneg untuk bangun di kawasan Monas," kata dia.

Silvia menuturkan, MRT Fase II ditargetkan rampung pada 2024. "Target rampung akhir 2024, 2025 beroperasi," pungkasnya. (mdk/azz)

Baca juga:
Pemerintah Bakal Bangun MRT Cikarang-Balaraja, Target Selesai 2026
MRT Jakarta Bayar Listrik Rp12 Miliar Sebulan
MRT Jakarta Bakal Luncurkan Kartu Multi Trip
Seorang Pemuda Dibekuk Usai Transaksi Narkoba di Bawah Stasiun MRT Haji Nawi
MRT, Solusi Kemacetan Ibu Kota hingga Penghubung Kawasan Wisata
Penghijauan di Bawah Jalur MRT