Pembebasan Lahan Rampung, Pembangunan Tol Cisumdawu Target Selesai Akhir 2021

Pembebasan Lahan Rampung, Pembangunan Tol Cisumdawu Target Selesai Akhir 2021
UANG | 7 September 2020 21:14 Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, menargetkan konstruksi Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) sepanjang 61 kilometer (Km) di Jawa Barat rampung seluruhnya pada akhir 2021. Berdasarkan laporan, saat ini masalah pembebasan lahan sudah teratasi.

Menteri PUPR mengapresiasi semua pihak yang terus berkoordinasi dan berupaya keras untuk mempercepat pembebasan lahan yaitu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang, Pemkab Majalengka, Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kepolisian Daerah, Kejaksaan Tinggi, Mahkamah Agung, dan instansi terkait lainnya.

"Sehingga saya optimis konstruksi semuanya rampung pada akhir 2021, karena konstruksi dapat berjalan cepat jika lahan sudah tersedia," kata Menteri Basuki seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Senin (7/9).

Tol Cisumdawu dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Dari enam seksi, Seksi 1 dan 2 yang dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari Viability Gap Fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut dan Seksi 3-6 dikerjakan oleh PT Citra Karya Jabar Tol (CKTJ) selaku investor.

Baca Selanjutnya: Proses Pembangunan...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami