Pemberian Komisi ke Platform Digital yang Beri Pelatihan Kartu Prakerja Dinilai Wajar

Pemberian Komisi ke Platform Digital yang Beri Pelatihan Kartu Prakerja Dinilai Wajar
UANG | 27 April 2020 15:41 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Direktur Komunikasi Manajemen Pelaksana Prakerja, Panji Winanteya Ruky menilai wajar adanya komisi untuk marketplace atau platform digital yang ikut memberi pelatihan dalam program Kartu Prakerja.

"Komisi yang wajar, karena mereka menyediakan layanan marketplace kepada lembaga pelatihan. Jadi lembaga pelatihan-lah yang menggunakan jasa tersebut, sehingga informasinya tentang lembaga pelatihan dan jenis pelatihannya, itu semua terpampang kepada seluruh masyarakat umum atau juga kepada peserta," jelas Panji dalam Ngopi Teko Kemenko Perekonomian, Senin (27/4).

Panji menegaskan bahwa komisi yang dimaksudkan adalah murni transaksi antara pengguna dan penyedia jasa, dalam hal ini lembaga pelatihan yang menggunakan jasa dari marketplace untuk menjual paket pelatihan mereka.

"Atas layanan marketplace tersebut kepada produsennya yang memang menjual pelatihannya di situ, maka mereka ada komisi untuk layanan marketplace itu. Antara mereka, itu disepakati antara mereka. dan kami hanya melihat apakah layanan yang diberikan sesuai dengan Permenko dan PMK-nya," kata dia.

Sebelumnya, Manajemen Kartu Prakerja membeberkan beberapa cara platform digital untuk bisa mendaftar menjadi mitra program kartu prakerja. Seperti diketahui, saat ini baru terdapat delapan mitra platform digital yang menjadi mitra pemerintah, di antaranya Tokopedia, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, Pijar Mahir, dan Kemnaker.go.id.

Direktur Kemitraan dan Komunikasi PMO Kartu Prakerja, Panji Winanteya Ruky mengatakan, untuk mendaftar jadi mitra platform digital program kartu prakerja caranya cukup mudah. Perusahaan hanya perlu mendaftar atau mengajukan melalui email ke info@prakerja.go.id.

"Cara mendaftar mitra jadi platform digital cukup email ke info@prakerja go.id tunjukkan kepada tim kemitraan manajemen pelaksana kartu prakerja, cukup lampirkan company profile, link situs web yang sudah beroperasi," kata Panji saat video conference di Jakarta, Senin (27/4).

Baca Selanjutnya: Langkah Selanjutnya...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami