Pemegang saham setujui Ilham Habibie kuasai Bank Muamalat

UANG | 11 Oktober 2018 13:04 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Para pemegang saham merestui konsorsium investor yang dipimpin Ilham Habibie menjadi pemegang saham pengendali di PT Bank Muamalat Tbk. Adapun keputusan itu diambil dalam Rapat Pemegang Umum Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang diselenggarakan di Gedung Muamalat Tower, Kamis (11/10).

"RUPSLB hari ini ada tiga agenda yaitu perpanjangan right issue karena sudah expired 20 September kemarin, kemudian perubahan anggaran dasar ini lebih teknis, serta adanya penggantian manajemen," tutur Direktur Utama Bank Muamalat Achmad K. Permana.

Konsorsium investor pimpinan Ilham Habibie Cs akan menyuntikkan modal ke Bank Muamalat sebesar Rp 2 triliun melalui mekanisme right issue dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD). Selanjutnya Bank Muamalat akan menerbitkan saham baru sebanyak 20 miliar lembar saham. "Harga pelaksanaan right issue Rp 100 per saham," ujarnya.

Dengan disetujuinya masuknya Ilham Habibie menyuntikkan dana di Bank Muamalat, maka konsorsium investor ini menjadi pemegang saham pengendali di Bank Syariah tertua itu dengan porsi kepemilikan saham sekitar 60 persen. "Ini terdilusi 66 persen," pungkas Achmad.

Sebelumnya, Komisaris Independen Bank Muamalat, Iggi H. Achsien, berharap right issue dapat selesai pada akhir 2018. Perusahaan akan menggunakan laporan keuangan Juni 2018.

"RUPSLB tanggal 11 Oktober itu adalah pembaharuan izin pelaksanaan right issue. Berapa besar? Rp 2 triliun. Kita harapannya bisa selesai di akhir tahun ini," tuturnya.

Reporter: Bawono Yadika Tulus

Sumber: Liputan6 (mdk/bim)

Baca juga:
Bank Muamalat liburkan penagihan cicilan kredit nasabah di Sulawesi Tengah
Incar dana segar Rp 2 T, Bank Muamalat kebut right issue sebelum akhir 2018
Tingkatkan pelayanan, Bank Muamalat luncurkan program Ayohijrah
OJK belum dapat surat lamaran dari peminat Bank Muamalat
Ilham Habibie siap suntik modal ke Bank Muamalat lewat konsorsium
Ini alasan Bank Muamalat angkat anak BJ Habibie jadi komisaris utama
Cari tambahan modal, Bank Muamalat segera right issue dan terbitkan sukuk

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.