Pemerintah akan Sediakan 3 juta Lapangan Kerja di Ibu Kota Baru

Pemerintah akan Sediakan 3 juta Lapangan Kerja di Ibu Kota Baru
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. ©2020 Merdeka.com/Sulaeman
UANG | 26 Februari 2020 18:11 Reporter : Intan Umbari Prihatin

Merdeka.com - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa menjelaskan, pemerintah merencanakan penyediaan lapangan kerja di ibu kota baru, Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara. Ketua plt PPP tersebut menjelaskan akan menyediakan tiga juta lapangan pekerjaan untuk masyarakat.

"Kita akan menciptakan berbagai lapangan pekerjaan baru sampai kira-kira sekitar 3 jutaan lapangan pekerjaan baru," kata Suharso di Kantor Istana Kepresidenan usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo membahas terkait percepatan ibu kota baru, Jakarta Pusat, Rabu (26/2).

Nantinya, lapangan pekerjaan tersebut berada dalam sektor ramah lingkungan, sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's). Hal tersebut bertujuan untuk membangun ibu kota yang terpelihara.

"Dengan tersedianya lapangan pekerjaan ini, masyarakat di sana nanti akan tinggal dengan tingkat kesejahteraan yang mencukupi," ungkap Suharso.

Menurutnya, penyediaan lapangan kerja merupakan salah satu strategi untuk narik minat masyarakat untuk tinggal. Tidak hanya itu, pihaknya juga berencana untuk menempatkan universitas-universitas terkemuka di Indonesia. Selanjutnya pemerintah juga akan merayu para investor untuk bangun pusat hiburan.

"Itu semua akan menjadi daya tarik yang diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk pindah ke sana," ungkap Suharso.

Baca Selanjutnya: Bangun Bandara...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami