Pemerintah Bangun 321 Kilometer Jalan di Jawa Barat Bagian Selatan

Pemerintah Bangun 321 Kilometer Jalan di Jawa Barat Bagian Selatan
Jalan Alas Roban. wordpress.com
UANG | 16 Februari 2021 19:11 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Pemerintah berencana akan mengembangkan infrastruktur di wilayah Jawa Barat bagian Selatan. Rencananya akan ada pembangunan di segmen Jalur Tengah Selatan (JTS) dengan panjang jalan 321,26 kilometer.

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, pembangunan infrastruktur ini sangat penting. Sebab, sepanjang JTS ada enam sektor ekonomi krusial yang bergerak.

"JTS menjadi sangat kritis menurut saya karena bergerak di enam sektor krusial, yaitu transportasi, pengairan dan irigasi, air minum dan sanitasi, pariwisata dan ekonomi, penanganan bencana, serta kelautan dan perikanan," kata Menko Luhut dalam Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pengembangan Wilayah Provinsi Jawa Barat (Jabar), Selasa (16/2).

Adapun jalur yang akan dibangun meliputi Bagbagan, Kiara Dua, Lengkong, Sagaranten, Tanggeung, Ciwidey, Pangalengan, Cikajang, Bantar Kalong dan Kerta Rahayu. Pengembangan JTS ini dinilai sangat penting karena sepanjang jalur tersebut ditinggali 3,7 juta penduduk dengan luas wilayah 10.059 kilometer persegi atau 28,36 persen dari luar wilayah Jawa Barat.

Baca Selanjutnya: Intervensi Pemerintah Dibutuhkan...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami