Pemerintah Bangun Jalan Akses ke Ibu Kota Baru Mulai 2020

UANG | 19 September 2019 17:14 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Peletakan batu pertama pembangunan ibu kota baru direncanakan pada 2021. Meskipun demikian persiapan fasilitas penunjang sudah akan dilakukan pada 2020.

Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas, Rudy Supriadi Prawiradinata, mengatakan fasilitas penunjang yang dimaksud yakni akses menuju lokasi ibu kota baru. Pembangunan infrastruktur akses menuju ibu kota baru, lanjut dia, merupakan tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Tapi kan untuk groundbreaking harus ada akses dulu. Tentu PUPR harus buat akses dulu dong. Akses apakah dari Balikpapan apakah dari jalan tol Balikpapan ke Samarinda ke lokasi yang akan ditunjukkan," kata dia, di Jakarta, Kamis (19/9).

Saat ini, Badan Informasi Geospasial (BIG), Kementerian ATR/BPN, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tengah melakukan kajian lebih dalam untuk menetapkan lokasi persis yang menjadi jantung ibu kota baru.

"Nanti BIG, ATR BPN, KLHK menentukan lokasi persis di mana. Jadi 2020 akan membangun dulu jalan akses ke sana infrastruktur dasar untuk akses ke sana. Kan harus disurvei lebih lanjut. Menteri PU karena akan melihat dari sisi site plan-nya," jelas dia.

Sementara itu, pemerintah juga sedang menyelesaikan naskah akademis pengembangan ibu kota baru. Naskah yang melibatkan berbagai pihak baik dari sisi pemerintah hingga akademisi tersebut ditargetkan rampung akhir tahun ini.

"Kita (pemerintah) sedang mempersiapkan naskah akademisnya (ibu kota baru). Mudah-mudahan di akhir tahun ini sudah selesai. Sudah sekitar 50 persen," tandasnya.

Baca juga:
Pemerintah Akan Cabut Status Konsesi Lahan Perusahaan Sukanto Tanoto untuk Ibu Kota
Sederet Pengusaha yang Dikabarkan Punya Lahan di Ibu Kota Baru
Tanggapan Menteri Sofyan Soal Lahan Sukanto Tanoto di Ibu Kota Baru
Ibu Kota Pindah, Gedung Kura-Kura DPR Bakal Disulap Jadi Tempat Konser
Kadin: Sebagian Besar Lahan Ibu Kota Baru Milik Sukanto Tanoto
Bos Bappenas: Pemindahan Ibu Kota Tingkatkan Kesempatan Kerja 10,5 Persen
Pemerintah Bangun Rumah Susun PNS di Ibu Kota Baru

(mdk/bim)