Pemerintah Beri Sertifikasi Produk Koperasi dan UMKM Gratis Demi Genjot Daya Saing

Pemerintah Beri Sertifikasi Produk Koperasi dan UMKM Gratis Demi Genjot Daya Saing
UANG | 10 Juli 2020 17:44 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKop UKM) terus berupaya meningkatkan daya saing, nilai tambah produk serta jangkauan pemasaran koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah (KUMKM). Diantaranya melakukan peningkatan standardisasi dan sertifikasi produk KUMKM secara gratis.

Deputi Bidang Pengawasan KemenKop UKM, Ahmad Zabadi, menyatakan setidaknya ada dua program kegiatan standardisasi dan sertifikasi KUMKM yang dilakukan. Pertama adalah fasilitasi pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI), Halal, ISO, SNI, dan HACCP. Kedua adalah konsultasi dan pemberkasan dokumen.

"Program tersebut dapat diakses melalui KemenKop UKM secara langsung, baik online maupun offline, di bagian Deputi Produksi dan Pemasaran. Bisa juga pada SKPD Daerah Istimewa atau Provinsi/Kabupaten/Kota yang membidangi KUMKM," ujarnya dalam Webinar via YouTube, Jumat (10/7).

Dia menjelaskan melalui program ini KUMKM akan mendapatkan setidaknya tiga keuntungan untuk menunjang kegiatan bisnis di tengah dan pasca pandemi Covid-19.

Baca Selanjutnya: 3 Keuntungan...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami