Pemerintah Daerah Buka 159.257 Lowongan CPNS 2019

UANG | 18 Oktober 2019 10:25 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah telah menetapkan jumlah formasi yang akan dibuka pada seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019, yakni sebanyak 197.117 formasi. Dari jumlah tersebut, pemerintah daerah (pemda) mendapat jatah paling banyak sebesar 159.257 lowongan, bagi 467 Pemda yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

"Ini dibagi formasi kepada instansi penerima sebanyak 197.117 formasi. Dengan rincian, untuk instansi daerah 159.257 untuk 467 Pemda," kata Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan kepada Liputan6.com, seperti dikutip Jumat (18/10).

Dia melanjutkan, jenis formasi dalam perekrutan CPNS kali ini juga akan terbagi menjadi dua, yakni formasi umum dan formasi khusus.

"Jenis formasi yang dibuka ada formasi umum dan juga formasi khusus. Yang khusus itu cumlaude, diaspora, disabilitas, putra-putri Papua dan Papua Barat, dan formasi lain yang bersifat strategis di pusat," ujar dia.

Adapun postur formasi pada seleksi CPNS 2019 akan lebih memprioritaskan tenaga teknis ketimbang yang bersifat administratif, khususnya di bidang pendidikan dan kesehatan.

"Kalau sekarang kan masih banyak yang administrasi tuh. Nanti shape-nya akan lebih banyak yang teknis justru. Semisal guru, tenaga kesehatan, atau yang seperti lainnya semisal insinyur dan sebagainya," tukas Ridwan.

Dia berharap, seluruh tahap awal penerimaan ini bisa rampung sebelum memasuki November. Sebab, Menteri PANRB Syafruddin sebelumnya sempat mengumumkan pembukaan CPNS bakal diinformasikan pada 25 Oktober mendatang. Masa pengumuman formasi itu akan berlangsung pada kurun waktu 15 hari setelah resmi diumumkan.

"Dalam waktu 15 hari kalender sejak diumumkan secara resmi, masyarakat pun dapat mengakses formasi apa saja yang tersedia melalui website dan media sosial milik masing-masing instansi. Plus di portal sscan.bkn.go.id. Dari hari ini sampai nanti pengumuman penerimaan resmi dibuka, itu portal sscasn belum bisa diakses, karena memang belum dibuka. Entry formasi pun belum dilakukan, wong mereka belum menerima," jelasnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
4 Formasi ini Terbanyak Dibuka dalam Penerimaan CPNS 2019
Proses Penerimaan CPNS 2019 Tak Perlu Menunggu Pelantikan Kabinet Baru
Siap-Siap, Penerimaan CPNS Dibuka 25 Oktober 2019
Pengumuman, Pendaftaran CPNS 2019 Dimulai November dan Seleksi pada Desember
Pendaftaran CPNS 2019 Segera Dibuka, Simak Info Terbaru Termasuk Soal Jadwal Tes
Pemkab Bogor Usulkan 1.250 Formasi CPNS dan P3K

(mdk/azz)