Pemerintah dan Inpex Sepakati Nilai Investasi dan Bagi Hasil Migas Blok Masela

UANG | 27 Mei 2019 17:15 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan kembali bertemu dengan CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda di Tokyo. Dalam pertemuan tersebut, berhasil mencapai sejumlah kesepakatan strategis dengan Inpex Corporation, untuk pengembangan lapangan gas raksasa Masela.

Jonan mengatakan, setelah 18 tahun dibahas, pokok-pokok pengembangan Blok Masela telah disepakati, salah satunya nilai investasi proyek Hulu Migas tersebut yaitu sebesar USD 18-20 miliar.

"Akhirnya INPEX dan SKK MIGAS sepakat atas pokok2 pengembangan blok Masela sore ini di Tokyo. Pembahasan telah berlangsung sejak 18 tahun yang lalu lho. Nilai investasi antara 18-20 Milyar US$ dengan pembagian yang fair bagi negara RI dan kontraktor. Saya sampai terharu," kata Jonan dalam keterangan tertulis, Senin (27/5).

Selain nilai investasi, kedua pihak berhasil mencapai kesepakatan dengan skema bagi hasil migas, pemerintah sekurangnya mendapat bagian 50 persen.

Kesepakatan final yang bersejarah tersebut, ditandai dengan penandatanganan Minute of Meeting oleh Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegitan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto dan CEO Inpex Corporation Takayuki Ueda, disaksikan Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Ada pun penandatanganan perjanjian antara Pemerintah Indonesia dan Inpex Corporation, Jonan menjelaskan, direncanakan dilaksanakan pada pertemuan negara-negara G20 di Jepang dalam waktu dekat.

Dengan demikian, maka pembahasan tentang Blok Masela telah menemukan titik akhir, yang akan memberi dampak positif bagi peningkatan iklim investasi nasional serta pembangunan kawasan Timur Indonesia.

Reporter: Pebrianto Eko Wicaksono

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
SKK Migas Bantah Shell Bakal Mundur dari Proyek Migas Masela
Pengembangan Blok Masela Terhambat Pembebasan Lahan dan Insentif
SKK Migas Sebut Ada Investor Tertarik Ikut Garap Blok Masela
SKK Migas Masih Negosiasi Terkait Nilai Investasi Blok Masela
SKK Migas Sebut Blok Masela Memasuki Kajian Teknik
Belum ada kesepakatan harga, SKK Migas belum tentukan off taker gas Blok Masela

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.