Pemerintah Diminta Beri Izin Air Asia Perbanyak Rute Domestik

UANG | 23 Juli 2019 14:14 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyarankan pemerintah dapat membuka keran persaingan usaha pada industri penerbangan udara. Ini dilakukan selain untuk menekan harga tiket pesawat, juga memberikan alternatif pilihan bagi masyarakat.

Ketua Umum Apindo, Hariyadi Sukamdani mengatakan, selama ini maskapai di Indonesia hanya ada dua kelompok besar yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air. Sedangkan persaingan harga yang diberikan pada dua kelompok ini pun tidak berbeda jauh.

"Ini tidak bisa dianggap sepele karena masalah serius. pemerintah sudah kita beri tahu. Salah satunya jalan menghadirkan kompetisi baru pemain yang diberikan porsi harus lebih besar untuk mengambil pasar besar," katanya saat ditemui di Jakarta, Selasa (23/7).

Hariyadi menilai ada salah satu maskapai asing yang cukup potensial untuk bersaing dengan 2 kelompok besar tersebut. Hanya saja, beberapa rute penerbangan yang diberikan terhadap maskapai itu masih sangat minim. Padahal, dari segi harga bisa bersaing.

"Salah satu calon adalah Air Asia. Penerbangan sebenarnya adalah persaingan sempurna. Karena itu sudah terukur semua. Harga pesawat berapa, tiket berapa," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ide mendatangkan maskapai asing untuk beroperasi di Indonesia. Selain Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, Menteri Perekonomian (Menko) Darmin Nasution juga mendukung akan ide ini.

"Memang kenapa harga tiket naik? Ya tentu karena ada langkah-langkah internal dari perusahaan-perusahaan penerbangan kita. Mereka bisa lakukan itu karena pesaingnya hanya duopoli," jelasnya.

Baca juga:
AP I: Maskapai Asing Segera Masuk ke Bandara Internasional Yogyakarta
AirAsia Bantah Anggapan Iklim Usaha Penerbangan RI Tak Menarik
Kementerian Keuangan Bakal Hapus Biaya Pajak Sewa Pesawat Asing
Menko Luhut soal Undang Maskapai Asing ke RI: Kan Sudah Ada AirAsia
Ini Update Rencana Maskapai Asing Beroperasi di RI Demi Tiket Pesawat Murah
Daftar Maskapai Penerbangan Murah Terbaik Dunia, Ada yang Beroperasi di Indonesia
Rencana Maskapai Asing Masuk RI Dinilai jadi Puncak Kekesalan Jokowi

(mdk/did)