Pemerintah Dorong Kemitraan UMKM Terintegrasi Rantai Pasok dengan Usaha Besar

Pemerintah Dorong Kemitraan UMKM Terintegrasi Rantai Pasok dengan Usaha Besar
UANG | 12 November 2020 11:29 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menyatakan, pemerintah akan mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk dapat terintegrasi secara rantai pasok dengan pengusaha besar. Sehingga pengusaha kecil bisa terlibat dalam kegiatan usaha dalam skala yang lebih luas di tingkat global.

"Saya kira intinya memang kita perlu mendorong kemitraan UMKM dengan usaha besar. Kalau kita lihat misalnya bagaimana UMKM di Jepang, Korea Selatan, China, kalau kita lihat ekspornya saja mereka sudah di atas 40 persen," tuturnya dalam sesi webinar bersama Sinarmas, Kamis (12/11).

Dia menjelaskan, jika dilihat dari produk UMKM asal negara-negara tersebut, itu sebenarnya telah terintegrasi dengan rantai pasok di tingkat domestik maupun global. "Karena itu saya kira ke depan pengembangan UMKM berbasis komunitas, kawasan, cluster, dan juga berbasis rantai pasok, ini akan menjadi prioritas kita," ujar dia.

Oleh karenanya, dia ingin UMKM Indonesia bisa mempercepat transformasi berbasis teknologi. Sebab, itu akan mempermudah jalinan kemitraan antara pelaku usaha besar dengan yang kecil-kecil.

"UMKM juga tidak punya biaya untuk melakukan riset and development produk. Harusnya kan didorong oleh usaha besar, berarti harus mendapatkan insentif di situ. Jadi nanti kemitraan itu lebih bagus kalau misalnya UMKM terintegrasi dengan sistem produksi usaha besar," paparnya.

Sebagai contoh, apa yang dilakukan Astra di sektor industri logam. Perseroan dalam hal ini betul-betul melakukan pendampingan kepada UMKM sehingga bisa terhubung dalam rantai pasok bahan baku kepada perusahaan inti.

"Itu memang didampingi dengan betul, karena kan dia mensuplai sparepart ke astra. Dan Astra Alhamdulillah menjaga mutu produknya. Karena itu pendampingannya serius," imbuh dia.

"Karena itu bagaimana mengintegrasikan UMKM jadi bagian dari rantai pasok industri besar. Kalau sudah maju kita dorong untuk masuk ke rantai pasok dari global. Baru kita mendorong ekspor kita," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Dukungan Pengusaha Besar...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami