Pemerintah Dukung Masyarakat Buat Platform Digital Lokal

Pemerintah Dukung Masyarakat Buat Platform Digital Lokal
UANG | 1 Agustus 2020 17:28 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan pemasaran produk UMKM tidak hanya dilakukan lewat platform digital kenamaan di Indonesia. Pemerintah juga bekerja sama dengan masyarakat untuk membuat aplikasi digital berbasis inisiatif lokal.

"Kerja sama dengan e-commerce bukan cuma dengan 4-5 perusahaan unicorn, tapi ada juga yang berangkat dari inisiatif lokal," kata Teten dalam sambutannya Talkshow: Menjadikan DIY Sebagai Pusat Produksi dan Inovasi Alat Kesehatan Berbasis UMKM, Jakarta, Sabtu (1/8).

Teten melanjutkan informasi yang diterimanya saat ini 97 persen wilayah Indonesia sudah bisa diakses platform digital. Artinya, kata dia jaringan internet dan dukungan logistik sudah bisa menjangkau hampir seluruh nusantara.

"Artinya jaringan internet dan dukungan logistik relatif lancar," kata dia.

Dia menuturkan, tren jual beli di masa mendatang akan lebih banyak melalui marketplace online. Untuk itu pemerintah harus mempercepat proses transformasi digital.

Selain itu, Teten juga ingin mengajak mahasiswa Diaspora yang ada di luar negeri untuk menjadi reseller produk Indonesia di luar negeri.

Sehingga, target 10 juta UMKM yang bertransformasi ke digital akan lebih mudah dicapai. Sebab saat ini sudah ada 8 juta pelaku UMKM sudah bergabung dalam platform digital.

"Presiden meminta kami mendorong 10 juta pelaku UMKM, ini akan tercapai dengan kerja sama dengan e-commerce," kata dia. (mdk/did)

Baca juga:
Industri Asuransi Diminta Gaet E-Commerce dan E-Services
Bayar Tempo, Fitur Anyar Bukalapak Lindungi Bisnis Mitra di Tengah Pandemi Corona
Bos Blibli Ungkap Penjualan Naik 5 Kali Lipat Selama Terjadi Pandemi Corona
HUT Ke-9, Blibli Sebar Diskon dan Cashback Hingga Rp 999.000
Dukung Program Bangga Buatan Indonesia, Blibli Dorong UMKM Melek Digital
Selama Pandemi, Pembayaran Digital Kian Digandrungi Masyarakat
DigiKU Bantu Wujudkan Indonesia Rajai Pasar E-Commerce Asia Tenggara 2025

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami