Pemerintah Fokus Kembangkan Pariwisata Geopark Tanpa Eksploitasi Alam

Pemerintah Fokus Kembangkan Pariwisata Geopark Tanpa Eksploitasi Alam
UANG | 18 Juni 2020 17:59 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Safri Burhanudin memastikan pengembangan berbagai Geopark di Indonesia yang terus dilakukan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan jenis pariwisata berbasis alam. Dia pun kembali menegaskan, bahwa tidak akan ada eksploitasi alam, namun yang akan didorong adalah pariwisata yang berkelanjutan.

"Analisa para pengamat, wisatawan yang mengunjungi wisata alam cenderung bertambah akibat dampak pandemi covid-19 ini. Berarti fasilitas dan segala sesuatunya harus kita benahi, harapan kami, pengelola Geopark ini dapat membangun infrastruktur lebih baik lagi," kata dia di Jakarta, Kamis (18/6).

Menurutnya, konsep pariwisata Geopark artinya bukan hanya membangun, tetapi kelestarian alam juga mutlak. Sebab, pariwisata yang berkelanjutan, bukan pariwisata yang mengeksploitasi. Semisal jumlah berapa orang wisatawan yang boleh masuk akan diatur.

Dalam pariwisata Geopark, aspek pelestarian alam adalah yang utama dan tidak boleh diganggu gugat oleh siapapun.

"Artinya alamnya tidak terganggu, budayanya tidak terganggu dan segala isinya tidak terganggu. Kalau misalkan di kemudian hari hal-hal tersebut terganggu, maka kami nyatakan pariwisata itu gagal," tegas dia.

Baca Selanjutnya: Dukung Pengembangan Geopark...

Halaman

(mdk/idr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami