Pemerintah Fokus Pantau Dampak Virus Corona di Sektor Perdagangan, Ini Alasannya

UANG | 13 Februari 2020 15:32 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara menegaskan bahwa pemerintah bakal terus fokus memantau dampak penyebaran virus corona pada sektor perdagangan. Menurutnya, dampak dari virus corona harus terus diperhatikan lantaran bersumber dari China yang merupakan partner dagang utama Indonesia.

"China adalah partner utama kita, jadi kita harus perhatikan secara serius. Kita lihat bagaimana pertumbuhan ekonomi China yang akan terjadi pada kuartal pertama ini," ujar dia di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (13/2).

Dia tak memungkiri jika penyebaran virus corona pasti akan membawa pengaruh terhadap sektor perdagangan, baik dalam skala global maupun nasional.

"Tentu kita akan perhatikan terus. Kalau perdagangan memang akan ada dampaknya. Kita lihat saja nanti efeknya bagaimana," tegas dia.

1 dari 1 halaman

China Buka Puluhan Ribu Lowongan Kerja

Pemerintah China sendiri kini membuka puluhan ribu lowongan kerja demi kembali memulihkan kondisi perekonomian negara yang terpukul akibat wabah virus corona. Beberapa perusahaan besar di China diketahui menawarkan lowongan kerja.

Salah satunya JD.com, perusahaan e-commerce yang berjanji membuka lebih dari 20 ribu lowongan kerja untuk beberapa posisi seperti pekerja gudang, kurir, dan supir. Jaringan supermarket JD.com, 7FRESH juga bakal mencari karyawan dari restoran, hotel, bioskop, dan gerai ritel yang ditutup sementara.

JD Daojia, sebuah layanan online yang memasok bahan makanan dan produk segar untuk supermarket seperti Walmart dan Aldi juga diketahui akan merekrut sekitar 5.000 pekerja. Mereka akan ditempatkan untuk membantu mengemas pesanan.

Tak mau kalah, Alibaba mengumumkan rencana serupa. Yakni dengan memperkenalkan skema pembagian karyawan yang bekerja di perhotelan, rumah makan, bioskop, department store, dan berbagai bisnis lainnya untuk menemukan pekerjaan sementara di perusahaan.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com (mdk/idr)

Baca juga:
Hentikan Sementara Impor Hewan Hidup dari China, Pemerintah Siapkan Regulasi
KSP Sebut Observasi WNI di Natuna Berakhir Sabtu Pekan Ini
62.000 Ton Bawang Putih Asal China Segera Masuk Indonesia
Antisipasi Dampak Virus Corona ke Ekonomi, Pemerintah Kebut Belanja Kementerian
Usai Ditolak 5 Negara Akibat Khawatir Virus Corona, Pesiar AS Diterima di Kamboja

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.