Pemerintah Gagalkan Penyelundupan 896.238 Benih Lobster Sepanjang 2020

Pemerintah Gagalkan Penyelundupan 896.238 Benih Lobster Sepanjang 2020
Bareskrim Gagalkan Penyelundupan Benih Lobster. ©2019 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah
UANG » MAKASSAR | 9 Januari 2021 17:30 Reporter : Sulaeman

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyatakan sebanyak 896.238 benih bening lobster hasil selundupan berhasil digagalkan oleh aparat keamanan selama 2020. Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari sejumlah kasus penyelundupan yang digagalkan aparat gabungan yang terdiri dari BKIPM, Polri, dan Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), serta Bea Cukai di seluruh Indonesia.

"Selama 2020, ada 21 kasus penyelundupan yang kita tangani," kata Kepala Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Rina seperti dikutip dari Antara di Jakarta, Sabtu (9/1).

Rina menjabarkan sebaran daerah yang menggagalkan penyelundupan benih lobster. Di antaranya, Stasiun KIPM Jambi 8 kasus, kemudian Stasiun KIPM Surabaya I sebanyak 4 kasus.

Sisanya, Balai Besar KIPM Makassar, Stasiun KIPM Pekanbaru, Balai KIPM Jakarta II, Balai KIPM Medan I, Stasiun KIPM Palembang, Stasiun KIPM Bengkulu, Balai KIPM Denpasar, Balai KIPM Semarang dan Stasiun KIPM Batam masing-masing 1 kasus.

"Dari sebaran ini, kita bisa melihat Jambi yang paling tinggi," ungkap Rina.

Baca Selanjutnya: Strategi Tangkal Penyelundupan...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami