Pemerintah Gelontorkan Rp 5,1 T Untuk Korban Gempa Lombok

UANG | 6 April 2019 17:00 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meninjau progres pembangunan rekontruksi rumah di Desa Teratak, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Sabtu (6/4). Kecamatan ini, menjadi kawasan yang terdampak kategori berat akibat gempa Lombok beberapa waktu lalu.

Dalam lawatan ini, Wapres JK secara langsung turun tangan melihat bagaimana perkembangan progres pembangunan rumah di kabupaten ini. Didampingi beberapa pejabat dari Sekretariat Wakil Presiden, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) setempat, Wapres JK diberikan penjelasan mengenai pembangunan tersebut.

Pemerintah telah menggelontorkan dana sebesar Rp 5.110.900.000.000 untuk dilakukan perbaikan pasca bencana. Di mana dana sebesar Rp 5.006.775.000 telah tersalurkan untuk pembangunan rumah dan Rp 2.988.775 telah tersalurkan langsung untuk masyarakat.

Secara fisik hampir seluruh bangunan sudah dalam tahap selesai. Hanya saja ada beberapa yang masih harus dikerjakan kembali seperti misalnya pengecatan, hingga pemasangan atap, dan keramik.

Sebagai informasi, pemerima manfaat rekontruksi pembanguan yang diterima di daerah ini mencapai 400 kartu keluarga (KK) yang sudah dibentuk kelompok masyarakat (Pokmas). Di mana, dari jumlah tersebut rumah tahan gempa dengan metode Risha sebanyak 66 KK, Konvesional 319 KK, dan Risba 16 KK.

Sementara, rumah yang sudah selesai sebanyak 105 unit dengan rincian Risha 45 unit, Konvensional 60 unit, Risba 0. Sedangkan rumah yang sedang berproses sebanyak 20 unit Risha, 25 unit Konvensional, dan dan 16 unit Risba

"Ini tentu apa yang diberikan agar dipelihara dengan baik. Disyukuri, dipelihara degan baik, dan tentu didoakan kepada semua yang membantu ya, itu semuanya insya Allah, akan selesai semua pada waktunya. bagus sekali," ujarnya kepada seluruh masyarakat.

Wapres JK mengatakan, pemerintah sendiri selalu memperhatikan apa yang terhadi kepada masyarakat. Termasuk adanya bencana seperti gempa Lombok. "Karena itu kita pemerimtah akan slelau membantu apabila ada musibah, tentu kita berdoa janga sampai ada musibah tapi kalau terjadi maka pemerintah, baik pusat, daerah, TNK, PU dan sebagiannya dan relawan-relawan itu selalu siap sedia untuk mmebantu masyarakat," pungkasnya.

Baca juga:
Bos Bappenas Minta Pemprov NTB Lakukan Diversifikasi Ekonomi
Jokowi Mampir Toko Bangunan di NTB, Cek Stok Semen dan Baja Ringan
Jokowi Tinjau Pembangunan Rumah Tahan Gempa di Kota Mataram
2 Turis Malaysia Korban Tewas Gempa Lombok Dipulangkan ke Kampung Halaman
2 WN Malaysia Korban Tewas Tanah Longsor di Lombok Dipulangkan Hari Ini
Ratusan Rumah di Lombok Timur Rusak Diguncang Gempa
5 Orang di Air Terjun Tiu Kelep Dievakuasi, 1 Korban Tertimpa Batu

(mdk/bim)