Pemerintah jamin tidak ada kebocoran gula impor Thailand

Pemerintah jamin tidak ada kebocoran gula impor Thailand
gula pasir. merdeka.com/shutterstock
EKONOMI | 22 Mei 2012 15:45 Reporter : Pandasurya Wijaya

Merdeka.com - Kementerian Perdagangan mengklaim tidak akan terjadi kebocoran gula impor asal Thailand yang dikhususkan untuk memasok kebutuhan di Indonesia Timur.

"Tidak ada kebocoran, kan ada audit. Jadi jangan khawatir akan mengalir ke tempat lain. Yakin 100 persen tidak akan bocor," kata Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Gunaryo di kantornya Jakarta, Selasa (22/5).

Pemerintah telah merealisasikan impor gula asal Thailand sebanyak 182.000 ton pada akhir April lalu dan saat ini sedang mulai didistribusikan ke wilayah Indonesia Timur. "Sebagian juga sudah digiling dan sudah dikirim ke daerah-daerah yang bukan di Jawa," katanya.

Dia menegaskan pengiriman gula ke wilayah Indonesia Timur mengalami kesulitan karena angkutan yang tidak mudah. "Angkutan ini tidak mudah. karena harus dikirim dengan kontainer dan cari kapal. Tapi kita yakin akhir Mei kebutuhan di sana sudah terpenuhi," ungkapnya.

Saat ini harga lelang gula di Jawa Timur dan Jawa Tengah ternyata lebih tinggi dari harga patokan petani (HPP) yang telah ditetapkan pemerintah Rp 8100 per kilogram. "Harga lelang di sana ternyata lebih tinggi dari HPP yang kita tetapkan. Di sana lebih dari 10.000 per kilogram," ujarnya.

(mdk/arr)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami