Pemerintah Jokowi Target Ekspor Beras 500.000 Ton di 2020

UANG | 4 Desember 2019 19:06 Reporter : Idris Rusadi Putra

Merdeka.com - Pemerintah menargetkan ekspor beras premium sebanyak 100 ribu ton hingga 500 ribu ton pada 2020 mendatang. Saat ini, Kementerian Pertanian tengah menyiapkan semua hal yang berkaitan, seperti kesiapan lahan, bibit dan lain sebagainya.

"Terkait ekspor beras saya akan mempersiapkan mulai dari bibit, mulai dari kesiapan lahan, irigasi, tesnya dimana. Harus bisa bersaing dengan beras-beras yang ada dari negara lain," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dikutip Antara, Rabu (4/12).

Menurut dia, pemerintah akan mempersiapkan kebutuhan untuk mendukung ekspor beras itu pada Januari 2020, sehingga pada Maret atau April dapat dilakukan pengiriman keluar.

Selain itu, pemerintah akan menjajaki kebutuhan dan permintaan pasar ekspor atas beras. Dia mengatakan pemerintah akan memenuhi syarat-syarat yang diminta oleh negara tujuan, termasuk beras organik.

Oleh karena itu, diplomasi perdagangan Indonesia diharapkan Syahrul gencar melakukan strategi untuk ekspor.

1 dari 1 halaman

Sesuaikan Ongkos Produksi

Untuk bisa bersaing dengan produk dari negara lain, Syahrul menjelaskan akan menyesuaikan ongkos produksi beras, maupun penyesuaian logistik dan distributor.

Dia berharap pengusaha swasta dapat mengambil peran dalam meningkatkan nilai ekspor beras Indonesia. "Ya kalau bisa pengusaha kenapa mesti pemerintah, Siapa pun menurut saya, mau BUMN siapa saja yang penting kita ekspor," ujar Syahrul.

Syahrul telah mengikuti rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo yang mengangkat tema "pengelolaan cadangan beras pemerintah".

Dalam rapat tersebut, jelas Syahrul, Presiden mengarahkan kepada menterinya untuk melakukan ekspor beras. (mdk/idr)

Baca juga:
Jokowi Minta Manajemen Pengelolaan Cadangan Beras Dibenahi
Gelar Rapat Terbatas, Jokowi Minta Pola Baru Pengelolaan Cadangan Beras
Edy Rahmayadi Temukan Beras Impor Berbau Apak Beredar di Medan
20.000 Ton Beras Bulog Terancam Busuk, Mendag Agus Gelar Rapat Cari Solusi
3 Penyebab 20.000 Ton Beras Bulog Terancam Busuk
Lelang 20.000 Ton Beras Disposal, Bulog Tunggu Putusan Kompensasi Pemerintah

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.