Pemerintah Masih Pertimbangkan Soal Rencana Maskapai Asing Masuk

UANG | 19 Juni 2019 13:07 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian masih mempertimbangkan rencana mengizinkan maskapai asing membuka penerbangan dalam negeri. Sebsb perlu ada evaluasi dan kajian mendalam untuk memberikan izin operasional penerbangan domestik kepada maskapai asing.

Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono mengatakan mendatangkan maskapai asing hanya salah satu opsi untuk menurunkan tarif tiket pesawat. Namun pertimbangan lainnya adalah bagaimana memikirkan cara lain agar pemerintah menjaga persaingan maskapai tetap sehat.

"Kita harus review, evaluasi. Jangan salah lho, itu bukan salah satu opsi, bukan salah satu, kan efisiensi harga avtur, leasing, masalah-masalah cost itu kita bicarakan. Itu kalau bisa kasih insentif fiskal," ujar Susiwijono saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (19/6).

Dia menambahkan pemerintah juga akan mempertimbangkan pasar dari maskapai asing itu sendiri. Sehingga dapat melihat apakah akan tercipta persaingan yang sehat atau justru sebaliknya.

"Kalau dari struktur market akan lebih bagus, kompetisi lebih sehat karena kan bukan struktur market aja hal-hal lain kita pertimbangkan kan banyak maskapai operasi asing AirAsia kan enggak berkembang, kan dia aja yang punya domestik flight," kata dia.

Seperti diberitakan sebelumnya, ada tiga maskapai asing yang santer akan membuka rute domestik di Indonesia. Selain Air Asia yang sudah membuka rute domestik, ada maskapai asing lain yang kabarnya akan masuk ke Indonesia.

"Jadi spiritnya gini lah, jadi spiritnya bukan asing tapi kompetisi. Air Asia sudah, tinggal menambah saja. Yang ada apa itu, Scoot sama siapa ada tiga itu yang baru," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, beberapa waktu lalu mengenai maskapai asing.

Baca juga:
Mengenal Maskapai-Maskapai Asing Akan Terbang di Langit Indonesia
Kedatangan Maskapai Asing Dinilai Bahayakan Perusahaan Penerbangan Indonesia
Kemenhub: Belum Ada Maskapai Asing Ajukan Izin Masuk Indonesia
Ramai Maskapai Asing Layani Rute Domestik, ini Penjelasan Menhub Budi
Maskapai Asing Dikhawatirkan Turunkan Industri Penerbangan RI
Apa Untung dan Ruginya Jika Maskapai Asing Buka Rute Domestik di Indonesia?

(mdk/azz)