Pemerintah Minta Pengusaha Patuh Lapor Hasil Tangkap Ikan

Pemerintah Minta Pengusaha Patuh Lapor Hasil Tangkap Ikan
UANG | 30 September 2020 15:55 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah merancang Rencana Pengelolaan Perikanan Tangkap Tuna, Cakalang dan Tongkol (RPP TCT) yang akan menjadi regulasi industri perikanan Tanah Air.Peneliti Madya Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan KKP, Fayakun Satria, mengatakan RPP TCT ini perlu dipantau dalam pelaksanaannya.

Pemantauan terpenting dalam RPP TCT ini terkait pelaporan pelaku usaha akan hasil tangkapan ikan. Sebab selama ini, pelaporan hasil tangkapan ikan masih belum jadi perhatian.

"Ini kepentingan data dan pelaporan. Saya berharap dari pelaku usaha perikanan bisa melaporkan hasil tangkapan dengan baik," kata Fayakun dalam Konsultasi Publik terkait Rencana Pengelolaan Perikanan Tuna, Cakalang, dan Tongkol (RPP TCT) secara virtual, Jakarta, Rabu (30/9).

Fayakun menuturkan laporan hasil tangkapan ikan ini sangat penting bagi pemerintah untuk melakukan analisis. Sekaligus melakukan evaluasi terhadap pengelolaan ikan tangkap yang tercantum dalam RPP TCT.

Pengumpulan data ini sekaligus merefleksikan kepatuhan para pelaku usaha dalam menjalankan regulasi yang dibuat pemerintah. KKP melihat komitmen tersebut dari cara pelaporan hasil tangkapan ikan.

"Pengumpulan data yang merefleksikan kepatuhan pelaku usaha," kata dia.

Baca Selanjutnya: Pelaporan Data Masih Minim Dilakukan...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami