Pemerintah mulai buka lowongan CPNS khusus warga Papua

Pemerintah mulai buka lowongan CPNS khusus warga Papua
Tes CPNS . ©2012 Merdeka.com
EKONOMI | 25 September 2014 09:27 Reporter : Nurul Julaikah

Merdeka.com - Pendaftaran CPNS 2014 khusus bagi putra-putri Papua dan Papua Barat telah dibuka sejak kemarin. Tahun ini, dibuka 165 formasi dengan batas akhir pendaftaran 8 Oktober 2014.

Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan reformasi Birokrasi Setiawan Wangsaatmaja mengatakan formasi khusus untuk putra-putri Papua dan Papua Barat ini dikoordinasikan oleh Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B).

Untuk pendaftaran, juga dilakukan dengan single entry di www.panselnas@menpan.go.id.

"Sebanyak 165 alokasi formasi disediakan, terdiri dari berbagai macam kualifikasi pendidikan," ujar, Setiawan dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis (25/9).

Semua lowongan untuk formasi ini hanya untuk lulusan sarjana strata-1 dan akan menduduki golongan III/a. Jika tidak ada kualifikasi pendidikan, nantinya pelamar yang lulus akan ditempatkan diberbagai instansi pemerintah.

"Ada enam formasi yang ditujukan bagi semua jurusan dan berjumlah 13 alokasi formasi," kata dia.

Selain itu, terdapat tiga formasi khusus lainnya yang masih dalam proses untuk segera dibuka pendaftarannya. Rinciannya, formasi untuk atlet dan pelatih berprestasi sejumlah 200 formasi, putra/putri lulusan terbaik sejumlah 200 formasi, dan yang terakhir untuk disabilitas sebanyak 300 formasi.

Kementerian Pemuda dan Olahraga mengkoordinasi untuk formasi khusus bagi atlit dan pelatih berprestasi. Untuk putra/putri lulusan terbaik dibawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Sedangkan, Kementerian Sosial menjadi koordinator formasi khusus untuk disabilitas.

(mdk/yud)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini