Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro Selama 2 Pekan

Pemerintah Perpanjang PPKM Mikro Selama 2 Pekan
Menko Airlangga Hartarto. ©2019 Foto: Lutfi/Humas Ekon
UANG | 20 Februari 2021 11:02 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KCPEN) Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah memutuskan memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro. Menurutnya, perpanjangan ini dilakukan karena selama PPKM Mikro tahap pertama dinilai berhasil menurunkan jumlah kasus covid-19.

"Perpanjangan PPKM Mikro 23 Februari sampai 8 Maret 2021 di RT/RW pada Desa/Kelurahan di 123 kabupaten/kota ditetapkan oleh masing-masing Gubernur sebagai prioritas wilayah penerapan PPKM Mikro," kata Airlangga dalam konferensi pers virtual pada Sabtu (20/2).

Gubernur menindaklanjuti Instruksi Mendagri Perpanjangan PPKM Mikro, dengan menerbitkan aturan SE atau Instruksi Gubernur Perpanjangan PPKM Mikro di masing-masing daerah.

Perpanjangan PPKM Mikro ini dilakukan penguatan operasional pelaksanaannya di Desa dan Kelurahan. Dalam hal ini adalah pemantauan persiapan dan pelaksanaan 3T di desa dan kelurahan sampai tingkat RT/RW, serta penyiapan bantuan beras dan masker, serta mekanisme distribusi melalui Polsek dan Koramil.

Penguatan operasional juga dilakukan dengan mengintegrasikan sistem pemetaan zonasi risiko tingkat RT dan pendataan 3T (Testing, Tracing, Treatment). Selain itu, Pemerintah Provinsi mengkoordinasikan data pemetaan zonasi risiko tingkat RT dan data penyaluran bantuan (beras dan masker), kemudian melaporkan secara berkala ke Satgas Pusat melalui Satgas Daerah.

"Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota membantu pembentukan dan mengawasi operasional posko di Desa dan Kelurahan," tutur Airlangga.

Selama pemberlakuan PPKM Mikro, jumlah kasus aktif mengalami penurunan signifikan sebesar 17,27 persen dalam satu pekan. Tren kasus aktif di lima provinsi berhasil turun, begitu pula dengan bed occupancy ratio (BOR) yang berhasil turun sebesar 70 persen. PPKM Mikro tahap pertama digelar sejak 9 Februari hingga 22 Februari mendatang.

Reporter: Andina Librianty

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Sudah Berlakukan PPKM Tapi Tetap Zona Merah Covid-19, Pemkot Cirebon Rencanakan Ini
INFOGRAFIS: Tiga Daerah Rujukan Penerapan PPKM Mikro
Kemenkes: Tokoh Berperan Penting Ubah Perilaku Masyarakat Cegah Covid-19
Sabtu-Minggu Besok, Bogor Kembali Terapkan Ganjil-Genap dari Pukul 09.00-18.00
Selama PPKM Mikro, Tingkat Kunjungan Kebun Binatang Solo Naik 100 Persen
PPKM Diperpanjang, Begini Aturan Warga Tebing Tinggi yang Ingin Adakan Hajatan

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami