Pemerintah Rencana Sediakan Bus Via Tol Trans Jawa Trayek Jakarta-Surabaya

UANG | 8 Januari 2019 21:42 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan saat ini pihaknya tengah menggodok rencana trayek baru Jakarta-Surabaya via Tol Trans Jawa. Proyek ini diharapkan dapat memperbanyak pilihan moda transportasi masyarakat.

"Bahwa kalau ada bus yang menggunakan tol, pasti jarak tempuh itu menjadi lebih pendek. Dan okupansinya akan bertambah dibandingkan dengan yang lain," kata dia, saat ditemui, di Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (8/1).

Dia pun telah menggelar rapat dengan berbagai pihak terkait seperti BUMN operator bus, Perum Damri dan operator bus swasta. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan trayek baru nantinya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Kita bilang oke kita bikin pioneer bagaimana bus Trans Jawa itu dilakukan. Intinya memang harus ada perintis yah pertama kali mungkin okupansinya tidak bagus, tapi yang akan datang akan bagus," imbuh Menteri Budi.

Dia pun memastikan bahwa kehadiran trayek baru ini tidak akan mengancam kelangsungan bisnis PO swasta yang sudah berjalan selama ini.

"Tidak apa-apa, complimentary saja. Jadi pilihan saja. PO ini nanti bisa lewat tol juga. Kita serahkan Pak Dirjen nanti untuk ngomongin ini bagaimana," ungkapnya.

Rencananya, lanjut Menteri Budi, akan ada subsidi dari pemerintah untuk menunjang operasional trayek tol Trans Jawa ini di tahap awal. Meskipun demikian, belum ada keputusan detail mengenai besaran dan mekanisme subsidi yang bakal dikucurkan. "Saya pikir kita tahap awal musti ada subsidi supaya ada daya tarik disana," tandasnya.

Baca juga:
Tol Trans Jawa Beroperasi, Jumlah Penumpang Libur Natal di Bandara Adi Soemarmo Turun
Menteri Basuki: Tol Trans Jawa Dukung Peningkatan Daya Saing Global
Usai Diresmikan Jokowi, Ini Kata Pengguna Jalan Tol Trans Jawa
Blusukan Akhir Pekan, Menhub Budi Ngobrol Soal Utang RI Dengan Generasi Milenial
Perbaikan Talut yang Longsor Selesai, Jalur Tol Semarang-Solo Kembali Normal
Perbaikan Talut Tol Semarang - Solo Selesai Siang Ini
Tim Prabowo Sebut Jokowi Berprestasi Bangun Tol Kerupuk

(mdk/bim)