Pemerintah salurkan bantuan Rp 36,9 miliar perbaiki dampak gempa di Lombok Timur

UANG | 18 Oktober 2018 20:34 Reporter : Anggun P. Situmorang

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo mengunjungi Desa Blanting, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Desa ini merupakan salah satu desa terdampak gempa 7 skalarichter yang mengakibatkan sejumlah fasilitas publik dan rumah mengalami rusak berat.

Dalam kunjungan tersebut, Presiden Jokowi mengatakan, telah menyalurkan dana bantuan perbaikan rumah sebesar Rp 36,9 miliar untuk Lombok Timur. Dana tersebut merupakan bagian dari dana siap pakai bantuan rumah sebesar Rp 960 miliar untuk Lombok dengan alokasi Rp 50 juta bagi rumah rusak berat.

"Yang di transfer sekarang untuk NTB sudah di siapkan Rp 960 miliar. Untuk yang pertama dan kemudian saya mendapatkan bisikan Pak Bupati yang sudah masuk rekening sampai sekarang ini disini sudah Rp 36,9 miliar," ujarnya di Desa Blanting, Lombok, Kamis (18/10).

Presiden Jokowi mengatakan, pemerintah akan terus memastikan dana disalurkan secara keseluruhan agar masyarakat segera memiliki rumah. Dia juga meminta agar dana digunakan sesuai dengan peruntukannya.

"Saya minta adalah uang yang harus dipertanggungjawabkan baik ke aparat pemerintah, Pokmas, masyarakat uang ini harus jadi rumah. Oleh karena itu ada Pokmas yang saling mengontrol saling awas mengawasi enggak boleh tahu tahu rumahnya tidak jadi malah punya sepeda motor tidak boleh. Hati-hati saya ikuti terus," jelasnya.

Meski demikian, Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, memperbolehkan masyarakat menggunakan dana bantuan apabila saat akhir pembangunan rumah terdapat sisa. Dana ini menurutnya, sudah merupakan hak masyarakat.

"Nanti kalau bisa sudah jadi silahkan dipakai kalau sisa. Nambah dapur misalnya, untuk nambah kamar mandi misalnya, terserah bapak ibu. Saya rasa sudah adil. Kalau ada pertanyaan tanya satu dana nya harus sisa kalau tidak sisa boleh. Sudah diberikan pusat belum tentu sisa juga," tandasnya.

Baca juga:
5.000 Mahasiswa terdampak gempa Lombok dapat beasiswa dari Presiden Jokowi
Presiden Jokowi sebut pemulihan daerah terdampak gempa Lombok alami banyak kemajuan
Jokowi: 5 Ribu warga Lombok sudah cairkan dana bantuan korban gempa
Gubernur NTB harap warga korban gempa bisa segera punya rumah
Jokowi bagikan bantuan ke korban bencana di NTB

(mdk/azz)