Pemerintah Sebut Masih Ada 13.000 Desa Belum Tersentuh Internet

Pemerintah Sebut Masih Ada 13.000 Desa Belum Tersentuh Internet
UANG | 27 Mei 2020 19:44 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Wamendes PDTT), Budi Arie Setiadi, menyebutkan masih ada 13.000 desa yang hingga saat ini belum memiliki akses internet. Belum adanya jaringan internet membuat pemberdayaan ekonomi sulit dilakukan.

"Sementara jaringan internet menjadi penting untuk mengetahui bagaimana desa-desa, terutama dalam kepemilikan terhadap akses menuju digital marketing, terutama dalam digitalisasi ekonomi," ujarnya dalam webinar Digitalisasi BUMDes Menuju New Normal Ekonomi Indonesia, Rabu (27/5).

Untuk itu, lanjut Budi, perlu ada terobosan baru dengan BUMDes agar perekonomian desa bisa bergerak bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik, namun juga pasar mancanegara.

"Saya selalu ingat bahwa bangsa Indonesia ini cuma memiliki 3 keunggulan, kompetitif, atau kita sebut absolute competitive advantage kita sebagai bangsa, nah itu 3 sektor, pertanian, perikanan, dan pariwisata," ujar Budi.

Ketiga sektor tersebut merupakan kekuatan utama bangsa Indonesia. Sehingga Budi mengatakan perlunya konsentrasi penuh untuk pengembangannya, bukan hanya sekedar mengelola dan memproduksi. Tapi juga bagaimana agar dapat memberikan nilai tambah bagi kemajuan ekonomi.

"Jadi, Indonesia yang punya 74.953 desa ini bisa digarap potensinya dengan pendekatan kreatif untuk dikembangkan potensinya," beber Budi.

Baca Selanjutnya: 93 Produk E-Commerce Berasal Dari...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami