Pemerintah Sebut Merger 3 Bank Syariah BUMN Mulai Februari 2021

Pemerintah Sebut Merger 3 Bank Syariah BUMN Mulai Februari 2021
Penandatanganan Akta Penggabungan Tiga Bank Syariah Milik Himbara. ©Istimewa
UANG | 16 Desember 2020 16:26 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo, mengatakan tiga bank syariah pelat merah baru saja menandatangani akta penggabungan perusahaan sebagai langkah awal merger. Tiga bank tersebut yakni PT Bank BRIsyariah Tbk, PT Bank Syariah Mandiri, dan PT Bank BNI Syariah akan berganti nama menjadi PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI).

"Tiga bank yang akan dimerger telah melakukan penandatanganan akta penggabungan, ini sebagai langkah awal merger yang akan dilakukan yang sedianya di Februari 2021," kata Kartika dalam Konferensi Pers Penandatanganan Akta Penggabungan Tiga Bank Syariah Milik Himbara, Jakarta, Rabu (16/12).

Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia. Tiko, sapaan Kartika, mengatakan modal tersebut akan menjadi ekosistem yang kuat, sehat dan menjadi pemain syariah global yang berperan dalam konteks ekonomi syariah internasional.

Sebab itu, pemerintah mengambil inisiatif dengan menggabungkan tiga bank syariah besar di Indonesia. Diharapkan secara berkala bank syariah bisa memberikan kontribusi.

"Diharapkan secara berkala ini berkontribusi signifikan," kata dia.

Baca Selanjutnya: Miliki Keunggulan Masing-Masing...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami