Pemerintah Segera Bangun Hotel Mewah Dukung Potensi Wisata Danau Toba

UANG | 6 Februari 2019 20:39 Reporter : Wilfridus Setu Embu

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi-JK terus mendorong pengembangan destinasi pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

Menteri Koordinator bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan menargetkan proses pembangunan, terutama groundbreaking bangunan hotel di kawasan tersebut sudah dapat dimulai pada kuartal III tahun ini.

"Tadi kita mau groundbreaking hotel-hotel sudah mulai kuartal III," kata dia, saat ditemui, di Kantornya, Jakarta, Rabu (6/2).

Menurut Luhut, proses pembebasan lahan untuk pembangunan hotel sebagian besar sudah rampung. Sertifikat lahan dengan luas sekitar 386 hektare tersebut sudah ada.

"Kalau kuartal II belum siap. Jadi sudah kita siapkan. Tanah 386 hektare atau berapa tadi tuh hampir semua sudah beres sertifikat sudah ada tinggal dana infrastruktur kemudian ada dana kerohiman beberapa tempat kita sedang bereskan itu tinggal kita hitung," jelas Luhut.

Luhut sudah mengagendakan akan bertemu dengan 7 pengembang hotel di kawasan tersebut. "Itu ada 6-7 hotel. nanti minggu depan saya undang kemari yang 7 supaya paralel semua. (Investasi?) Wah itu mungkin beberapa triliun kali itu," tandasnya.

Baca juga:
Keindahan Pantai Kelingking Nusa Penida yang Ada dalam Video Unggahan Jokowi
Jokowi Unggah Video Indonesia Negeri Terindah di Dunia, Sudah Lihat?
Usai Gempa Lombok, Wisatawan Mancanegara Menuju Senaru Berkurang
Bali Bakal Jadi Tuan Rumah Acara Sketsa Seni Internasional Pertama di Indonesia
Sepanjang 2018, 15,81 Juta Wisatawan Asing Kunjungi Indonesia
Kunjungan Wisman ke Indonesia Naik Nyaris 13 Persen, Turis Malaysia Mendominasi

(mdk/idr)