Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Resesi Global Akibat Virus Corona

Pemerintah Siapkan Langkah Antisipasi Resesi Global Akibat Virus Corona
UANG | 31 Maret 2020 16:57 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - International Monetary Fund (IMF) memprediksi ekonomi global akan mengalami resesi akibat virus corona atau Covid-19. Selain itu, pemulihan krisis ekonomi juga akan lebih lama ketimbang krisis keuangan global pada 2008-2009.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, hal ini sudah dibicarakan intens antara pemerintah dan regulator. Terutama antara Bank Indonesia dengan Kementerian Keuangan.

"Kami lakukan diskusi skenario resesi global akan berdampak langsung ke Indonesia seperti apa," kata Perry di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (31/3).

Dampak resesi tersebut tidak hanya masalah perdagangan yang menyangkut ekspor impor dan investasi, tetapi juga mobilitas manusia secara keseluruhan. "Itu dampak ke Indonesia baik langsung maupun tidak langsung termasuk menurunkan aktivitas ekonomi," imbuhnya.

Dia menjelaskan, berbagai antisipasi itu sudah mulai dikaji. Bahkan pemerintah dalam finalisasi untuk memperkirakan skenario terbaru dalam memitigasi wabah Covid-19, misalnya stimulus fiskal yang lebih besar jika diperlukan.

Hanya saja dia enggan membeberkannya secara langsung dan pembahasanya lebih lanjut. "Lebih baik kita tunggu pengumuman dari pemerintah yang akan menyampaikannya dalam waktu dekat," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Perbankan Lebih Kuat...

Halaman

(mdk/azz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami