Pemerintah Siapkan Rp 25 T Agar Seluruh Warga Hingga Pelosok Desa Rasakan Internet

Pemerintah Siapkan Rp 25 T Agar Seluruh Warga Hingga Pelosok Desa Rasakan Internet
UANG | 2 September 2020 18:14 Reporter : Dwi Aditya Putra

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, menyebut kebutuhan anggaran dalam pembangunan infrastruktur digital mencapai kisaran Rp25 triliun. Anggaran tersebut nantinya masuk di dalam Kementerian Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) selama lima tahun ke depan.

"Ini yang dijabarkan dalam program di Kominfo dan kita anggarkan. Total anggaran 5 tahun untuk cover seluruhnya, sampai 2024, lebih dari Rp25-an triliun," kata dia di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (2/9).

Dia menyampaikan, anggaran sebesar itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan konektivitas di seluruh Indonesia. Mengingat berdasarkan data Kominfo dari sekitar 75.000 desa terdapat 12.000 yang belum terhubung akses internet.

"Karena dengan asumsi desa ada puskesmas, sekolah dasar, madrasah bisa masuk. Jadi kita gunakan cover seluruh wilayah Indonesia sehingga sampai unit desa, mereka bisa punya koneksi internet," jelas dia.

Bendahara Negara ini menambahkan, untuk tahun ini saja pemerintah berkomitmen naikkan akses internet cukup tinggi. Beberapa belanja pemerintah sebagian digunakan untuk pendirian BTS dan satelit.

"Bedanya kalau jalan tol kelihatan fisik, ini kita belanjakan sebagian untuk BTS, satelit, transformer di lapangan sehingga tidak kelihatan proyek seperti jalan tol dan lain-lain. Tapi tu sangat penting," tandas dia.

Baca Selanjutnya: Literasi Digital Solusi Pulihkan Ekonomi...

Halaman

(mdk/bim)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami